Monday, September 21, 2015

// // Leave a Comment

Tersisa Tiga Ekor, Elang Jawa Mendekati Kepunahan

Burung elang kebanggaan Indonesia yang konon menjadi sumber inspirasi pembuatan simbol negara Garuda, sepertinya akan benar-benar punah. Menurut pengamatan dari Balai TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi), saat ini hanya tersisa tiga ekor. Jumlah ini sama dengan jumlah yang ditemukan pada 2014, artinya tidak ada pertambahan jumlah dari elang-elang jawa tersebut.
Edy Sutiarto, kepala TNGM juga menegaskan bahwa saat ini hanya tersisa tiga ekor dan tidak mengalami penambahan. Dari yang berhasil terpantau, sepasang elang jawa ada di Plawangan, sementara satu ekor jantan di Cangkringan. Kabar baiknya, sepasang elang jawa di Plawangan terlihat sudah membangun sarang.

Menurut Edy, pihak TNGM sudah menerjunkan tim untuk memantau keberadaan elang jawa di sekitar Gunung Merapi. Tim-tim tersebut selain memantau langsung juga mencari informasi mengenai keberadaan elang jawa pada masyarakat setempat. Selain itu, tim dari TNGM juga memberikan himbauan agar tidak memburu elang jawa dan sama-sama memelihara agar jangan sampai punah. (merdeka.com)


0 comments:

Post a Comment