Wednesday, September 9, 2015

// // Leave a Comment

Spesies Tupai Vampir Ditemukan di Kalimantan

Indonesia memang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Selain hutan hujan tropis yang lebat dan luas, kekayaan fauna Indonesia juga sangat luar biasa. Dan semuanya mempunyai perbedaan karakteristik, berbeda satu sama lain berdasarkan wilayahnya. Di Kalimantan saja, banyak terdapat fauna unik yang tidak ada di pulau lain di Indonesia meskipun berdekatan. Dan lagi, di Kalimantan ditemukan lagi spesies unik yang cukup mengejutkan, yaitu tupai penghisap darah.


Bagi warga asli Kalimantan, tupai penghisap darah atau tupai vampir ini sudah bukan merupakan hewan yang aneh. Tapi bagi ilmuwan, tupai yang sangat jarang terlihat ini merupakan sebuah keberuntungan. Konon tupai vampir ini bisa membunuh seekor rusa. Bahkan para ilmuwan dari Universitas Michigan dan Universitas Victoria berhasil merekam penampakan tupai vampir ini di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat.

Dengan menggunakan kamera infra merah, pergerakan tupai vampir di gelapnya malam dapat terlihat dengan jelas. Terlihat dalam rekaman tersebut bahwa tupai itu memiliki tampilan fisik dengan tupai-tupai kebanyakan; tupai vampir memiliki bulu telinga yang lebih panjang dan ekor yang cukup besar dengan bulu yang lebat bahkan melebihi tubuhnya. Sementara panjang total tupai vampir dewasa sekitar 36 cm.


Menurut masyarakat setempat, tupai vampir mempunyai kemampuan yang cukup mengerikan yaitu mampu membunuh seekor rusa dengan cara menghisap darahnya. Caranya pun cukup mengerikan, yaitu melompat langsung dari pepohonan ke leher rusa dan merobek leher kemudian menghisap darahnya. Meski begitu, para ilmuwan masih sangsi apakah tupai ini benar-benar bertahan hidup dengan menghisap darah hewan lain. Menurut para ilmuwan tersebut yang mendapat informasi dari warga setempat, tupai ini mempunyai perangai yang agresif dan galak. 


0 comments:

Post a Comment