Sunday, September 20, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Metode Pengobatan Paling Berbahaya di Dunia

Perkembangan teknologi medis atau kedoketeran dalam menangani pasien memang mengalami kemajuan yang pesat. Teknologi-teknologi tersebut mampu membantu dokter untuk mempermudah penanganan pasien. Namun, tercatat ada beberapa metode pengobatan dengan cara yang aneh, bahkan cenderung berbahaya. Prinsip "Primim non nocere" atau "yang pertama, jangan menyakiti pasien" seolah tak berarti. Beberapa diantaranya merupakan praktik kedokteran yang dilakukan di masa lalu, tetapi beberapa masih digunakan sampai sekarang. Metode apa sajakah?

DIET CACING PITA
Metode ini pertama kali digunakan pada awal abad ke 20. Sempat dianggap merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Tetapi salah satu kesulitannya adalah ada beberapa spesies cacing pita yang benar-benar "rakus" sehingga membuat inangnya tidak hanya mengalami penurunan berat badan, tetapi mendapat masalah yang lebih buruk seperti mengalami gizi buruk, mual, muntah, diare, anemia dan beberapa masalah kesehatan lain hingga yang terburuk, kematian. Namun, sampai saat ini masih ada yang menggunakan metode ini.

MINUMAN SEHAT COLA
Cola yang dimaksud disini adalah minuman populer Coca Cola. Minuman yang pertama kali muncul pada tahun 1886 ini diperkenalkan sebagai minuman sehat. Bahkan, minuman yang dibuat oleh Dr. John Pemberton ini mengandung kokain pada awal kemunculannya. Namun kokain pada minuman bersoda populer ini kemudian dihapus pada tahun 1903. 

BESI PANAS BAGI PENDERITA WASIR
Di masa lalu, khususnya bagi kepercayaan masyarakat Yahudi kuno, seseorang akan mengalami wasir jika tidak berdoa kepada St Fiacre. Dan untuk mengilangkan penyakit wasir tersebut harus dibawa ke biara, dan akan ditangani oleh biarawan. Dan metode yang digunakan oleh para biarawan untuk mengobati wasir ini cukup 'menyakitkan' karena menggunakan sebilah besi membara yang akan diletakkan di anus penderita. Namun setelah abad 12, seorang dokter Yahudi bernama Musa Maimonides menemukan cara yang lebih 'manusiawi' untuk mengobati wasir yaitu berendam di kamar mandi.

TERAPI RADIUM
Sebuah iklan yang cukup aneh sempat beredar pada tahun 1913. Iklan tersebut mengatakan bahwa seseorang harus rajin minum air radium untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Radium sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk membuat cat yang bisa bersinar. Namun tentu saja memasukkan unsur asing seperti radium ke dalam tubuh akan sangat membahayakan. Efek terburuk tentu saja kematian.

SERBUK MUMI
Praktek mumisasi cukup marak dilakukan oleh masyarakat di masa lalu, bahkan hingga abad pertengahan di wilayah Eropa dan Timur Tengah. Bersamaan dengan itu muncul tren mengobati penyakit seperti sakit kepala dan maag menggunakan bubuk atau serbuk mumi. Serbuk mumi ini diperoleh dengan cara menggiling mumi hingga menjadi bubuk.

SIRUP PENENANG
Mrs Winslow cukup populer di era akhir tahun 1800. Siapakah Mrs Winslow? Ternyata nama ini bukan nama seseorang melainkan merk sebuah sirup penenang. Sirup ini digunakan untuk membantu proses pertumbuhan gigi anak-anak. Namun sirup ini kemudian ditarik dari pasaran pada tahun 1930 karena diketahui mengandung alkohol dan morfin sulfat.

TREPANASI
Trepanasi merupakan cara pengobatan yang cukup populer di masa lalu namun sekaligus sangat mengerikan. Metode ini dikerjakan dengan cara melubangi tengkorak untuk membuka membran terluar otak yang disebut durameter. Praktik mengerikan ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat seperti epilepsi, migrain, serta gangguan mental. Lubang akibat metode ini merupakan tempat yang bagus bagi kuman untuk masuk ke otak manusia yang tentu saja berakibat sangat fatal. Meski mengerikan, pada tahun 2000 lalu ditemukan praktik trepanasi oleh dua orang tak dikenal pada seorang wanita penderita depresi dan sindrom kelelahan akut. (tribunnews.com)


0 comments:

Post a Comment