Saturday, September 5, 2015

// // Leave a Comment

Miris, 3 Triliun Pohon Telah Musnah dari Muka Bumia

Riset dari Nature mengungkapkan bahwa ada sekitar 3 triliun pohon di seluruh dunia. Jumlah itu lebih besar dari perhitungan awal yang hanya sekitar 400 miliar. Tetapi nyatanya, penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan mengungkapkan bahwa lebih dari 3 triliun pohon telah musnah dari muka bumi. Mirisnya, pemusnahan massal tersebut terjadi dalam waktu singkat.
Pemusnahan massal pohon tersebut menurut para ilmuwan telah dimulai sejak akhir zaman es, yang mana berarti sekitar 11.000 tahun lalu. Namun pemusnahan besar-besaran terjadi pada era revolusi industri. Thomas Crowther dari Universitas Yale melakukan pengamatan secara langsung dan pengamatan dari satelit untuk mengamati pohon yang ada di sekitar 400.000 hutan.

1,69 triliun pohon berdasarkan pengamatan dan olah data satelit yang dilakukan Universitas Yale berada di hutan kawasan tropis dan subtropis. Sementara wilayah dengan iklim sedang sampai dingin berjumlah sekitar 1,53 triliun. Namun densitas paling tinggi ada di wilayah yang dekat dengan kutub. Lebih lanjut, penelitian itu mengungkapkan bahwa manusia adalah yang paling berperan membuat hilangnya pepohonan di muka bumi. Setiap tahun, sekitar 15 miliar pohon hilang akibat penebangan. Reboisasi seakan tak berarti karena hanya mencapai 5 miliar per tahun.

0 comments:

Post a Comment