Friday, May 29, 2015

// // Leave a Comment

6 Suara Misterius dari Dasar Laut

Beberapa hari terakhir masyarakat dunia dihebohkan dengan suara misterius dari angkasa yang oleh beberapa kalangan dianggap sebagai suara sangkakala. Beberapa pihak menyatakan bahwa suara misterius tersebut memang suara alam biasa, sementara pihak lain menyatakan bahwa suara tersebut merupakan peringatan kepada manusia. Entah mana yang benar, akan tetapi sebenarnya tidak hanya langit saja yang bisa bersuara, tercatat pernah terdengar suara-suara misterius yang berasal dari dasar laut. Suara apakah itu?

The Bloop
The Bloop merupakan suara misterius yang berhasil terekam di perairan Pasifik ketika NOAA (US National Oceanic and Atmospheric Administration) sedang melakukan riset di perairan tersebut pada tahun 1997. Sampai sekarang suara misterius yang disebut The Bloop ini belum diketahui asal usulnya, karena suara tersebut belum pernah terdengar sebelumnya. Ilmuwan NOAA menyimpulkan bahwa suara The Bloop ini berasal dari retakan besar gunung es.

Julia 
Suara misterius yang dinamakan dengan Julia ini juga terdengar di perairan Pasifik pada tanggal 1 Maret 1999. Suara misterius ini terdengar seperti suara rengekan seseorang. Ilmuwan dari NOAA mengatakan bahwa suara misterius ini juga merupakan suara retakan gunung es yang runtuh ke dasar laut.

Upsweep
Suara ini tak kalah misterius dan direkam sejak tahun 1991. Suara ini terdengar seperti suara ranting pohon yang menggaruk-garuk jendela. Kadang juga terdengar seperti suara mobil ambulans. Suara misterius ini seringkali terdengar di musim semi dan musim gugur. Aktivitas gunung berapi bawah laut diduga kuat merupakan penyebab suara ini.

Slow Down
Suara ini terdengar pertama kali pada 19 Mei 1997. Disebut Slow Down karena suara misterius ini akan turun frekuensinya setiap tujuh menit. Ilmuwan NOAA mengklaim bahwa mereka telah menemukan sumber suara tersebut yaitu di perairan Semenanjung Antartika.

Train
Sesuai dengan namanya, suara misterius ini terdengar seperti sebuah kereta saat melaju di atas rel. Suara misterius ini terekam pada tahun 1997 di perairan Antartika, tepatnya di Laut Ross.

Whistle
Suara yang terdengar seperti ketel dengan air mendidih ini terekam pada Juli 1997. Para ilmuwan belum mengetahui sumber suara ini karena suara ini terekam hanya dengan mikrofon tunggal. Gunung api bawah laut lagi-lagi menjadi yang paling disorot adanya suara misterius ini.

0 comments:

Post a Comment