Saturday, May 23, 2015

// // Leave a Comment

Heboh, Lagu Sweet Child O' Mine Hasil Jiplakan?

Siapa tak mengenal intro lagu fenomenal milik band Guns N' Roses (GN'R) berjudul Sweet Child O' Mine? Riff intro lagu ini benar-benar fenomenal sehingga menjadikan intro lagu ini sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa. Lagu ini termasuk salah satu lagu yang ada di dalam album debut Guns N' Roses tahun 1987 yang berjudul Appetite for Destruction yang juga melambungkan lagu Welcome to the Jungle.
Kini setelah lebih dari dua dekade lewat, muncul permasalahan terkait dengan lagu fenomenal Sweet Child O' Mine ini. Axl Rose dan kawan-kawan dituding menjiplak lagu milik sebuah band asal Australia bernama Australian Crawl yang berjudul Unpublished Critics yang dirilis pada tahun 1981. Beberapa pengamat musik mengungkapkan kesamaan pada "nada yang melengking."
Seperti yang banyak diketahui oleh para fans Guns, lagu Sweet Child O' Mine tercipta secara tak sengaja oleh Slash, Izzy Stradlin, dan Axl Rose. Slash yang saat itu secara iseng memainkan sebuah melodi kemudian diiringi oleh Izzy yang juga ada di tempat yang sama. Keduanya tak mengetahui kalau Axl diam-diam mendengarkan permainan kedua gitaris Guns tersebut. Di lain hari Axl meminta keduanya memainkan nada yang sama, sementara Axl mulai menyanyikan puisi yang ia buat untuk kekasihnya, Erin Everley. 
Menurut vokalis Australian Crawl, lagu milik GN'R memiliki kesamaan progresi chord dengan lagu mereka yang berjudul Unpublished Critics. Akan tetapi lebih lanjut James Reyne sang vokalis Crawl mengatakan bahwa kemungkinan besar bahwa para personel GN'R mendengarkan lagu mereka terlebih dahulu sangat kecil, bahkan ia tidak berniat untuk memperpanjang masalah ini di pengadilan. Uniknya, kedua lagu tersebut dirilis oleh label yang sama yaitu Geffen Records.
Meskipun kedua lagu tersebut terdengar mirip, para mantan GN'R yang juga salah seorang pendiri band ini yatu Duff McKagan mengatakan bahwa mereka tak terinspirasi oleh siapapun ketika menulis lagu Sweet Child O' Mine. Mereka hanya mencoba untuk menjadi mereka sendiri. Akan tetapi Duff mengakui bahwa kedua lagu tersebut memang mirip, meskipun ia berani menjamin bahwa itu adalah tak disengaja.

Lantas bagaimana menurut para penggemar musik? Seperti biasanya para penikmat musik juga terbelah mengenai masalah ini. Ada yang menyebutkan bahwa Guns N' Roses melakukan plagiat, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa band sekelas Guns N' Roses tak mungkin melakukan plagiat. Lantas, bagaimana menurut pembaca?

0 comments:

Post a Comment