Thursday, May 7, 2015

// // Leave a Comment

Penampakan 7 Oase Terindah di Dunia

Daratan luas yang hanya ada hamparan pasir sejauh mata memandang, atau yang sering disebut sebagai gurun, merupakan wilayah yang biasanya dihindari oleh manusia. Selain kondisinya yang ekstrim, orang-orang yang ingin melewati gurun harus menyiapkan perbekalan yang mencukupi. Akan tetapi, meskipun menyeramkan, gurun juga mempunyai surga tersembunyi yang disebut oase. Bahkan ada beberapa oase yang sangat indah, sehingga layak disebut sebagai oase terindah di dunia.

Lencois Maranhenses, Brasil
Oase paling indah di dunia yang pertama adalah sebuah oase yang terdapat di Maranhao, Brasil, di sebuah hamparan pasir putih seluas 1.000 km persegi. Oase di gurun yang ada di Maranhao ini terbentuk karena adanya proses alami yang terbentuk selama ribuan tahun. Saat musim hujan, air akan memenuhi seluruh cekungan di lembah.
Setelah musim hujan berakhir, air dalam cekungan akan berkurang dan menyisakan kolam-kolam kecil berair jernih. Uniknya, kolam-kolam di tengah gurun tersebut juga menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil yang cukup melimpah.

Oase Chebika, Tunisia
Oase Chebika yang ada di Tunisia merupakan salah satu oase terindah di dunia selanjutnya. Oase ini terletak di sebuah pegunungan, dan sering disebut sebagai Kastil Matahari karena selalu terkena sinar matahari.

Huacachina, Peru
Huacachina adalah sebuah oase indah yang terletak sekitar delapan kilometer sebelah selatan Peru. Oase ini sejak lama sudah dijadikan pemukiman, selain itu juga banyak terdapat resort karena selalu dikunjungi wisatawan setiap tahun. Pemandangan oase ini akan semakin indah di malam hari. Selain itu daya tarik olahraga sandboarding juga menjadikan tempat ini semakin ramai.

En Gedi, Israel
Meskipun negara ini mempunyai kondisi negara yang tak begitu aman karena konflik dengan negara lain, Israel juga mempunyai salah satu oase terindah di dunia. Selain indah, oase En Gedi ini juga merupakan oase terbesar, dengan air terjun dan tumbuh-tumbuhan yang asri di sekeliling oase. Konon oase ini berusia sangat tua, bahkan disebut-sebut oase ini sudah terkenal sejak era zaman Nabi Sulaiman.

Umm al-Maa, Libya
Konon terbentuk dari danau purba yang bernama Megafezzan, dengan ukuran luas sama dengan ukuran luas negara Ceko. Saat ini danau purba ini telah berkurang airnya, dan membentuk kolam-kolam yang berjumlah sekitar 20 kolam. Oase ini pun berbentuk unik, yaitu meliuk-liuk seperti ular. Suhu air di oase Umm al-Maa ini juga unik, yaitu air di permukaan mempunyai suhu yang lebih rendah daripada air yang ada di dasar kolam.

Yueyaquan, China
Meskipun tergolong cukup kecil, oase yang ada di China ini juga merupakan salah satu oase terindah di dunia. Oase yang terletak di Gurun Gobi ini berbentuk seperti bulan sabit, sehingga diberi nama Yueyaquan yang berarti bulan sabit. Nama ini pertama kali digunakan sejak zaman Dinasti Qing. Letaknya yang ada di tengah jalur sutra yang legendaris membuat oase ini mempunyai sejarah yang panjang dalam perkembangan sejarah manusia.

Oase Ibrahim, Irak
Oase ini terletak kurang lebih enam mil dari Sungai Eufrat yang legendaris. Dinamai oase Ibrahim karena penduduk lokal meyakini bahwa Nabi Ibrahim sempat beristirahat di oase tersebut ketika sedang melakukan perjalanan ke Mekkah. 
(Merdeka.com)



0 comments:

Post a Comment