Monday, May 18, 2015

// // Leave a Comment

Menengok Keindahan Sungai Terpajang di Asia Tenggara

Benua Asia merupakan daratan yang sangat besar, dan di bagian tenggara benua ini mengalirlah sebuah sungai yang sangat panjang, yang merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini mengalir dari Tibet kemudian melewati Yunnan, kemudian masuk ke wilayah Asia Tenggara di Myanmar dan Thailand sebelum masuk ke Laut Andaman bagian selatan.
Sungai yang bernama Salween atau Sungai Nu ini mempunyai panjang sekitar 2.815 kilometer. Dengan ukurang tersebut, sungai ini mempunyai bagian-bagian yang indah di sekitar sungai. Bahkan di salah satu bagian sungai yang ada di Yunnan, China, terdapat sebuah jembatan kayu unik yang biasa digunakan untuk berlalu lalang. 
Aliran sungai ini menjadi salah satu sumber hayati bagi berjuta-juta warga yang hidup di sekitar sungai tersebut, karena memberikan sumber daya alam yang luar biasa. Di beberapa bagian Sungai Salween atau Sungai Nu ini juga terdapat beberapa tempat yang dirancang khusus seperti gardu pandang untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Sungai Salween.


Keindahan alam di sekitar Sungai Salween ini benar-benar luar biasa. Di beberapa bagian, sungai ini mengalir teratur membelah gunung. Sementara di bagian lainnya, sungai ini mengalir diantara daratan luas ataupun dengan pemandangan perumahan penduduk dan persawahan. Sebagian besar sungai ini berada di kawasan Myanmar dengan total panjang mencapai 2.400 kilometer dari keseluruhan panjang yang mencapai 2.815 kilometer. 

0 comments:

Post a Comment