Sunday, November 9, 2014

// // Leave a Comment

PLTB Pertama di Indonesia akan Dibangun di Yogyakarta

PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) pertama dan terbesar akan dibangun di Yogyakarta, tepatnya di daerah Bantul yang mempunyai deretan pantai selatan yang terkenal mempunyai angin yang kencang. Nantinya akan ada sekitar 20-25 titik kincir, yang akan dibangun pada jarak sekitar 100 meter dari bibir pantai.
Menurut Kepala Bappeda Bantul Tri Saktiyana, kincir angin tersebut didesain mampu bertahan dari abrasi pantai selatan yang selama ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Bantul dalam pengelolaan kawasan pantai selatan. Bahkan lanjutnya, keberadaan kincir angin berdiameter sekitar 30 meter ini juga tidak akan mengganggu lalu lintas udara, terkait dengan adanya bandara baru di Kabupaten Kulon Progo.

"Selama lokasi bandara di Kulon Progo tidak berubah, kincir tersebut aman dari lalu lintas udara," lanjutnya.

Peletakan batu pertama proyek pembangunan PLTB ini sudah dilakukan pada September lalu, dan diperkirakan PLTB ini sudah bisa dinikmati tahun depan. Dan jika tahun 2015 mendatang PLTB ini benar-benar selesai dan bisa beroperasi, maka Kabupaten Bantul akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang menggunakan energi terbarukan dari kincir angin.


0 comments:

Post a Comment