Sunday, November 30, 2014

// // Leave a Comment

Benda ini Lolos Dari Black Hole

Menurut ilmuwan, kecepatan cahaya tidak aka bisa ditandingi oleh benda apapun di dunia. Setidaknya itulah teori yang diyakini oleh banyak ahli fisika sampai saat ini, hingga kemudian ilmuwan menemukan benda yang mampu "meloloskan diri" dari lubang hitam alias Black Hole.
Ilmuwan yang tergabung di IFAE, Barcelona menemukan peristiwa yang unik, langka, sekaligus mengejutkan di dalam sebuah lubang hitam yang terdapat di galaksi IC 310. Para ilmuwan tersebut menyaksikan pancaran sinar gamma melesat keluar dari pusat lubang hitam. Hal tersebut cukup mengejutkan karena tidak ada benda bahkan cahaya yang mampu meloloskan diri dari lubang hitam.

Salah satu ilmuwan IFAE yang bernama Julian Sitarek pun menegaskan tentang itu, "Tidak ada benda yang secara tiba-tiba dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya dan meloloskan diri dari lubang hitam." Kesimpulan sementara yang diperoleh adalah kecepatan benda misterius itu super tinggi karena mampu meloloskan diri dari pusat daya tarik lubang hitam.

Penelitian berlanjut dengan menggunakan teleskop "Magic" dan menemukan bahwa sinar gamma yang keluar dari lubang hitam tersebut mampu menempuh jarak 449 juta kilometer hanya dalam waktu 4,8 menit! Sebagai perbandingan, cahaya membutuhkan waktu 25 menit untuk menempuh jarak yang sama. Kesimpulan sementara ilmuwan dari IFAE mengenai sinar gamma tersebut adalah sinar gamma tersebut muncul setelah lubang hitam itu menelan benda langit tertentu yang cukup kuat untuk memicu pancaran "kilat" sinar gamma. Ataukah sinar itu berasal dari pesawat alien?

0 comments:

Post a Comment