Thursday, November 27, 2014

// // Leave a Comment

Benarkah Vampir Hanyalah Mitos Belaka?

Mitos mengenai vampir hampir dikenal di seluruh dunia, meskipun pada awalnya vampir ini merupakan kisah dari daerah Eropa Timur. Berbagai penelitian pun dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengungkap apakah vampir ini memang benar ada atau hanyalah mitos belaka? Baru-baru ini sekelompok ilmuwan meneliti makam-makam di Polandia yang diduga menyembunyikan vampir di dalamnya.
Memang ditemukan beberapa kerangka yang dikuburkan dengan cara yang tidak biasa, seperti menaruh salib atau sabit. Konon menurut kepercayaan, sabit akan mencegah vampir itu bangkit dan memangsa korbannya. Akan tetapi oleh seorang arkeolog dari Universitas Alabama yang bernama Dr Lesley Gregoricka, vampir hanyalah dongeng dan tidak pernah ada.

Menurutnya, wabah penyakit kolera-lah yang menjadi penyebabnya. Hasil penelitian tersebut yang juga dimuat dalam jurnal PLOS One, menurut tim peneliti dari Universitas Alabama tersebut adalah bahwa penyakit kolera tidak mengubah manusia menjadi vampir, namun karena menyebabkan kematian yang tidak biasa dan masyarakat saat itu belum tahu cara mengobati sehingga ditemukan kematian-kematian yang sama maka korban pertama dianggap sebagai pembawa bencana.

Akan tetapi, sepertinya masyarakat sudah terlanjur meyakini bahwa vampir itu memang ada, apalagi penemuan-penemuan tengkorak yang terdapat pasak di dadanya, membuat masyarakat semakin yakin tentang eksistensi vampir ini.

0 comments:

Post a Comment