Saturday, November 29, 2014

// // Leave a Comment

Inikah Komputer Pertama dan Tertua di Dunia?

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kalender kuno yang disebut Antikythera Mechanism memperoleh kesimpulan bahwa sistem kalender tersebut merupakan komputer pertama dan tertua di dunia. Kalender ini disebut sebagai komputer karena menurut penelitian tersebut kalender ini mempunyai sistem pengoperasian otomatis berbasis matematika yang mirip dengan komputer modern saat ini.
Kalender Antikythera ini juga telah merekam peristiwa gerhana yang terjadi pada tanggal 12 Mei tahun 205 BC, atau sekitar 2264 tahun yang lalu! Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tentang Antikythera sebelumnya yang menyebutkan bahwa usia kalender ini sekitar 2164 tahun keliru.

Selain itu sistem matematika yang digunakan dalam kalender ini merupakan sistem matematika yang digunakan oleh Bangsa Babilonia, bukan Yunani seperti pada penelitian sebelumnya, yang berarti menunjukkan bahwa kalender ini merupakan teknologi yang lebih tua daripada teknologi bangsa Yunani. Akan tetapi di bagian depan kalender ini terdapat 12 zodiak khas bangsa Yunani dan juga kalender yang berasal dari Mesir. Sementara di bagian belakang terdapat dua lempeng yang digunakan untuk menghitung informasi pergerakan bulan dan gerhana.

Selain itu kalender ini juga bisa digunakan untuk melacak pergerakan dari berbagai planet yang ada di tata surya seperti Jupiter, Venus, Mars, dan Saturnus.




0 comments:

Post a Comment