Monday, July 13, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Kota-Kota Mitos yang Dipercaya Benar-benar Ada

Hampir di belahan dunia manapun mitos selalu ada, entah itu tentang suatu maklhuk atau benda atau bahkan kota. Mitos-mitos tersebut belum bisa dipercaya kebenarannya, akan tetapi eksistensi mitos tersebut telah berhasil membentuk anggapan masyarakat bahwa apa yang dikatakan dalam mitos tersebut merupakan sesuatu yang benar-benar ada. Entah apa yang menjadi dasar kepercayaan masyarakat terkait mitos-mitos tersebut, akan tetapi memang banyak masyarakat yang menganggap bahwa mitos-mitos tersebut benar-benar ada atau tersembunyi. Termasuk mitos mengenai kota-kota legendaris yang dianggap mitos. Kota apa sajakah?


SHAMBALA
Shambala merupakan sebuah kota yang konon terletak di balik pegunungan Himalaya, Tibet. Shambala digambarkan sebagai sebuah kota yang sangat indah, dan bisa dikatakan Shambala ini adalah surga dunia. Mitos mengenai kota atau Kerajaan Shambala ini semakin menjadi-jadi ketika seorang penulis bernama James Hilton menerbitkan novel berjudul Lost Horizon pada 1933.

Kota misterius ini juga terdapat dalam teks-teks kuno seperti Teks Kalachakra serta Literatur Suci Bon, yang merupakan teks tulisan tangan bangsa Tibet Kuno. Dalam Literatur Suci Bon, Shambala digambarkan sebagai Olmulungring. 

EL DORADO
Amerika Selatan, sebuah wilayah hijau sekaligus gelap dan kaya akan situs sejarah juga mempunyai kota mitos mereka sendiri. El Dorado, begitu kota mitos tersebut dinamakan. El Dorado merupakan kota yang dipercaya menyimpan harta karun yang sangat banyak. Orang-orang Spanyol sangat mempercayai mitos keberadaan kota emas El Dorado ini dan kerap melakukan penjelajahan ke pedalaman Amerika Selatan untuk menemukan kota mitos ini.

ATLANTIS
Tak ada yang belum mendengar nama ini. Nama kota yang sangat legendaris karena kecanggihan teknologinya. Kota ini pertama kali disebut oleh Plato, seorang filsuf Yunani dalam bukunya yang berjudul Critias dan Timaeus. Meski telah disebutkan oleh Plato dalam bukunya, kontroversi yang masih menyelimuti kota mitos ini adalah keberadaannya yang belum diketahui secara pasti.

Beberapa waktu lalu seorang penulis dari Brasil membuat heboh karena menyebut Atlantis berada di wilayah Indonesia. Hal tersebut didasarkan pada wilayah Indonesia yang dikelilingi oleh gunung-gunung berapi aktif. Selain itu juga pada sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun. Namun banyak juga peneliti-peneliti lain yang melakukan pencarian Atlantis di belahan dunia.


Tahun 1968, beberapa penyelam dikejutkan ketika sedang melakukan aktivitas menyelam di perairan Bihimi, Pulau Bahama. Beberapa penyelam tersebut dikejutkan adanya sebuah jalan di dalam laut yang tersusun atas batu-batu persegi dan poligon yang mempunyai ketebalan tidak sama, meskipun disusun dengan ketelitian yang sangat luar biasa. Diduga jalan batu tersebut merupakan salah satu jalan Kerajaan Atlantis.

Selain itu banyak sekali penelitian-penelitian yang dilakukan untuk mencari keberadaan kota misterius Atlantis ini. Meskipun sampai sekarang belum bisa diketahui secara pasti dimanakah letak persisnya kota yang sangat menakjubkan ini. Ataukah kota mitos ini hanyalah imajinasi seorang Plato semata?

AGHARTA
Agharta merupakan kota mitos yang dipercaya terletak di dalam perut bumi yang dihuni oleh beragam ras makhluk asing. Bahkan beberapa meyakini bahwa UFO juga datang dari kota mitos Agharta ini. Beberapa juga meyakini bahwa sisa-sisa penduduk Atlantis yang masih bertahan juga tinggal di kota ini. Shambala disebut-sebut sebagai ibukota dari kota mitos Agharta ini. (Verses of Universe)



0 comments:

Post a Comment