Friday, July 3, 2015

// // Leave a Comment

Pantai Whiteheaven, Pantai Terbersih di Dunia

Pantai merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat untuk berwisata atau bersantai, dan karena itulah pantai sering dijadikan tempat wisata favorit. Namun, salah satu efek dari banyaknya manusia yang mengunjungi pantai adalah sampah. Sampah seringkali mengotori pantai sehingga keindahan pantai menjadi berkurang. Kesadaran untuk menjaga kebersihan tempat wisata memang penting untuk menjaga tempat wisata tersebut tetap nyaman untuk dikunjungi.
Meski begitu, di sebuah tempat di Australia, terdapat sebuah pantai yang sangat bersih. Saking bersihnya, pantai yang bernama Whiteheaven Beach ini mendapat anugrah sebagai pantai terbersih di dunia pada tahun 2008 lalu, pada acara Keep Australia Beautiful's 2008 Clean Beach Challenge State Awards. Dua tahun kemudian, Pantai Whiteheaven kembali mendapat penghargaan sebagai pantai paling ramah lingkungan dari CNN.com.
Ternyata, yang membuat pantai ini menjadi pantai terbersih sekaligus pantai paling ramah lingkungan adalah ketatnya peraturan di pantai ini bagi para pengunjung. Wisatawan tidak diperbolehkan membawa hewan piaraan seperti anjing. Selain itu, wisatawan juga dilarang untuk merokok di pantai ini. Peraturan-peraturan tersebutlah yang menjadikan pantai berpasir putih sepanjang 7 km ini tetap bersih dan nyaman.
Pasir putih di Pantai Whiteheaven mempunyai kadar silika murni sebanyak 98% yang menyebabkan pasir di pantai ini berwarna putih terang. Pasir di Whiteheaven juga tidak menyimpan panas seperti pasir-pasir di pantai pada umumnya, sehingga pasir di pantai ini tidak terasa panas meskipun matahari sedang berada di puncak. Meski begitu, karena butiran pasir di Whiteheaven sangat lembut, pengunjung diminta berhati-hati dengan barang elektronik karena dapat merusak perangkat elektronik.
Untuk mengakses Pantai Whiteheaven tidaklah sulit. Pengunjung bisa menggunakan perahu yang berangkat dari pelabuhan wisata Airlie Beach dan Shute Harbor. Selain itu pengunjung juga bisa berangkat dari Pelabuhan Hamilton untuk menuju langsung ke Pantai Whiteheaven.

0 comments:

Post a Comment