Sunday, June 28, 2015

// // Leave a Comment

Blackhole Monster Kembali Aktif Setelah Lama Tertidur

Luar angkasa semakin menunjukkan keanehan-keanehan berturut-turut pada manusia. Yang terbaru, NASA berhasil mendeteksi munculnya sebuah galaksi kecil yang hanya mempunyai satu bintang dan satu lubang hitam. Anehnya, galaksi kecil bernama V404 Cygni ini mengeluarkan sinar terang, bahkan termasuk yang paling terang sejagat raya. Belakangan diketahui bahwa sinar terang tersebut berasal dari lubang hitam yang ada di galaksi tersebut. Fenomena ini melanjutkan fenomena penampakan pelangi terbesar se-jagat raya yang juga berhasil dipotret oleh NASA.


Meskipun galaksi V404 Cygni berjarak sekitar 7.800 tahun cahaya, cahaya tersebut berhasil ditangkap oleh NASA. Dan ternyata cahaya itu bersinar saat lubang hitam tersebut sedang memakan partikel-partikel bintang yang ada di dekatnya, yang merupakan satu-satunya bintang yang ada di dekat lubang hitam itu. 

Bahkan aktivitas lubang hitam galaksi V404 Cygni tersebut sangat tidak wajar. Lubang hitam itu mengeluarkan kilatan-kilatan cahaya setiap satu jam sekali. Menurut seorang peneliti NASA, lubang hitam ini menjadi obyek paling terang yang bisa dilihat menggunakan teleskop sinar -X. Sinar yang dikeluarkan oleh lubang hitam ini bahkan jauh lebih terang daripada Crab Nebula, yaitu supernova atau ledakan bintang yang ada di gugusan bintang Taurus.


Dengan kembali aktifnya black hole ini, oleh para ilmuwan kemudian dijuluki sebagai "Sleeping Blakchole." Menurut data NASA, lubang hitam Cygni ini terlihat tidak aktif pada tahun 1989 lalu, dan setelah lebih dari 20 tahun mengalami mati suri, lubang hitam super terang ini kembali aktif. (merdeka.com)

0 comments:

Post a Comment