Monday, June 22, 2015

// // Leave a Comment

Fenomena Langka, Sehari Lebih dari 24 Jam pada 30 Juni 2015

Dunia semakin sering menunjukkan fenomena langka. Tidak hanya tahun saja yang mempunyai tahun kabisat, di tahun 2015 ini akan ada detik kabisat dimana satu hari akan lebih dari 24 jam. Pada tanggal 30 Juni 2015 nanti waktu dunia dalam sehari akan bertambah sehingga tidak hanya 24 jam tetapi 24 jam 1 detik.


Meskipun hanya bertambah 1 detik, ternyata fenomena ini mempunyai efek yang cukup besar bagi manusia khususnya dalam hal teknologi informasi. Penambahan waktu meski hanya 1 detik ini diyakini akan menyebabkan banyak server internet dunia mengalami crash karena menyesuaikan waktu tersebut. Bahkan tidak hanya dalam teknologi informatika, bidang lain seperti transportasi, telekomunikasi, hingga perbankan diyakini akan ikut merasakan imbas dari penambahan waktu ini.

Seperti yang detik kabisat yang terjadi beberapa tahun lalu, situs-situs besar seperti Reddit dan LinkedIn mengalami crash yang luar biasa. Selain itu, banyak link-link yang juga mati karena tidak bisa menyesuaikan penambahan waktu satu detik tersebut. Qantas Airlines juga dilaporkan mengalami down karena sistem komputerisasi di Qantas mengalami masalah besar.

Dunia perbankan juga diprediksi mengalami permasalahan jika situs saham terbesar Bloomberg mengalami crash. Untungya, belum ada laporan mengenai masalah pada situs tersebut pada detik kabisat tahun lalu. Proses transfer juga akan mengalami permasalahan, sehingga perputaran uang dunia akan terganggu.


Namun para ilmuwan merasa khawatir jika detik kabisat terjadi terlalu sering terjadi karena akan merubah pusat waktu dunia yaitu Greenwich Mean Time (GMT). Jika detik kabisat terlalu sering terjadi, diprediksi pada tahun 2700 mendatang, waktu sehari akan menjadi 24,5 jam. Perubahan waktu ini mengakibatkan musim-musim akan semakin terlambat dari tahun ke tahun. Natal bersalju pun tidak akan bisa dinikmati lagi.

0 comments:

Post a Comment