Thursday, February 26, 2015

// // 1 comment

Lubang Hitam Berukuran 12 Miliar Matahari Ditemukan

Sekelompok astronom menemukan lubang hitam dengan ukuran yang sangat mengejutkan, yaitu berukuran 12 miliar kali matahari. Temuan yang dimuat di dalam jurnal sains Nature ini diperkirakan terbentuk sejak 875 juta tahun setelah peristiwa Big Bang, dan dengan ukuran yang sangat super tersebut menjadikan lubang hitam ini menjadi lubang hitam terbesar di jagat raya.


Seorang peneliti dari Lembaga Riset Sekolah Astronomi dan Astrofisika (Research School of Astronomy and Astrophysics) di Universitas Nasional Australia mengatakan bahwa akan sangat sulit untuk menafsirkan dengan teori-teori yang ada saat ini terkait dengan pembentukan lubang hitam yang berukuran raksasa.


Selama ini diketahui bahwa pertumbuhan lubang hitam terbatas pada tekanan radiasi yang kemudian mendorong massa. Akan tetapi dengan ditemukannya lubang hitam berukuran 12 miliar kali matahari ini menunjukkan bahwa lubang hitam mampu tumbuh tak terbatas. Lubang hitam raksasa ini ditemukan dengan teleskop sederhana, dengan bantuan dari Hawaii, Arizona, dan Chile.

1 comment:

  1. salah liat kalee, tuh lubang hitam emang bintik hitam yg ada diteleskop trs diarahin ke luar angkasa.

    ReplyDelete