Monday, June 1, 2015

// // Leave a Comment

Mengenal Nama Lain Nisfu Sya'ban

Nisfu Sya'ban pastilah tidak asing bagi orang-orang muslim. Nisfu Sya'ban biasanya datang pada pertengahan bulan Sya'ban, yaitu bulan kedelapan dalam kalender Islam. Di malam Nisfu Sya'ban, biasanya orang-orang muslim akan saling mengingatkan akan datangnya malam tersebut. Akan tetapi, meskipun di Indonesia dikenal dengan nama Nisfu Sya'ban, di negara lain ternyata mempunyai nama yang berbeda. Apa saja?

Lailat Al-Baraa (Arab)
Di negara arab, malam Nisfu Sya'ban dikenal dengan nama Lailat Al-Baraa yang bisa diartikan sebaai malam pengampunan dosa. Malam Nisfu Sya'ban juga dikenal sebagai malam untuk saling meminta dan memberi maaf.

Lailat At-Du'a (Arab)
Selain Laiat Al-Baraa, malam Nisfu Sya'ban di negara arab juga mengenal hari itu dengan sebutan Lailat At-Du'a atau malam berdoa. Disebut malam berdoa karena memang banyak umat muslim yang meningkatkan ibadah mereka di malam tersebut.

Nim Sha'ban (Afghanistan dan Iran)
Di negara Afghanistan dan Iran, malam Nisfu Sya'ban dikenal dengan nama Nim Sha'ban.

Nisf Sha'ban (Negara-negara pengguna Bahasa Arab)
Hampir mirip dengan penggunaan istilah Nisfu Sya'ban di Indonesia, negara-negara yang menggunakan bahasa arab menyebut malam pertengahan bulan Sya'ban dengan Nisf Sha'ban.

Shab e Baraat (India, Pakistan, Bangladesh)
Di negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan, dan Bangladesh, malam pertengahan bulan Sya'ban disebut sebagai Shab e Baraat atau malam pengampunan dosa.

Berat Kandili (Turki)
Di negara bekas kerajaan Ottoman yang terkenal ini, malam pertengahan bulan Sya'ban dikenal dengan nama Berat Kandili. 

0 comments:

Post a Comment