Wednesday, June 24, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Penampakan Pelangi Terbesar di Alam Semesta

Ukuran pelangi yang sering dilihat oleh manusia memang belum diketahui secara pasti. Namun, baru-baru ini NASA berhasil menangkap penampakan pelangi yang sangat besar, bahkan mungkin menjadi yang terbesar di alam semesta. Sayangnya, penampakan pelangi raksasa ini bukan terjadi di bumi, melainkan di ruang angkasa.


Fenomena luar angkasa pelangi raksasa ini diduga terjadi akibat badai 'sinar x' yang dikeluarkan oleh sebuah tata surya yang disebut Circinus X-1. Selain ukurannya yang super jumbo, pelangi ini tidak hanya berbentuk setengah lingkaran, namun sebuah lingkaran yang utuh berlapis-lapis seperti cincin.

Pelangi super jumbo tersebut terbentuk di tempat yang jauh dari bumi yaitu di sebuah tempat yang berjarak kurang lebih 30.700 tahun cahaya. Sebagai perbandingan, jarak antara bumi dan matahari 'hanyalah' kurang lebih empat tahun cahaya. NASA berhasil mengambil gambar fenomena pelangi raksasa tersebut menggunakan teleskop "Chandra."


NASA juga mengungkapkan, bahwa selain terbesar, pelangi ini juga merupakan pelangi yang bertahan dalam waktu yang cukup lama, karena NASA mengklaim bahwa pelangi raksasa ini terbentuk sejak akhir tahun 2013 lalu. Sementara tata surya Circinus X-1 merupakan tata surya yang menjadi rumah bagi dua buah bintang raksasa, dimana salah satunya telah meledak. Ledakan itulah yang menyebabkan munculnya pelangi raksasa.

0 comments:

Post a Comment