Wednesday, June 3, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Batu Mulia Termahal Sekaligus Kontroversial

Demam batu mulia terutama akik di Indonesia terkadang tidak masuk akal. Sebongkah batu akik yang sudah jadi ataupun masih berupa bahan mentah dengan jenis tertentu ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi. Meski begitu, masih ada orang yang membeli batu tersebut. Tetapi ternyata, ada satu jenis batu mulia yang menjadi batu mulia termahal. Selain mahal, batu mulia jenis ini sangat kontroversial karena mempunyai kisah yang beragam.
Batu mulia termahal sekaligus kontroversial ini adalah batu mulia jenis Blue Diamond. Tak tanggung-tanggung, harga batu mulia ini berkisar antara puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Salah satu Blue Diamond yang paling terkenal adalah Blue Diamond milik pangeran arab yang bernama Pangeran Faisal. Dalam perjalanannya, batu mulia berkadar 50 karat tersebut telah mengalami berbagai peristiwa dari konspirasi hingga pembunuhan.


Selain itu, batu mulia ini juga menyebabkan hubungan antara dua negara menjadi renggang selama kuang lebih 25 tahun. Kisah panjang batu mulia ini berawal tahun 1989 lalu, ketika seorang penjaga kebun di Kerajaan Arab dituduh mengambil batu mulia ini di kamar pangeran dan mengirimnya ke Thailand, tempat asal penjaga kebun tersebut. Penjaga kebun tersebut divonis tiga tahun penjara, sementara oleh polisi batu-batu tersebut dikembalikan ke pihak kerajaan.

Akan tetapi pihak kerajaan tidak menemukan Blue Diamond, tetapi hanya Hope Diamond. Tahun 1990, tiga pegawai kedutaan ArabSaudi di Bangkok tewas diterjang timah panas. Beberapa hari kemudian, seorang bisnisman Arab bernama Mohammad al-Ruwaili yang ditugaskan oleh Kerajaan Arab menyelidiki tentang Blue Diamond dinyatakan hilang tak berbekas.

Pada tahun 1994, sebuah keluarga asal Thailand tewas dalam kecelakaan di waktu yang berbeda. Selang beberapa bulan, Letjen Polisi Chalor ditangkap dengan tuduhan otak dari kecelakaan yang menewaskan satu keluarga yang berprofesi sebagai pedagang permata. Ia divonis hukuman mati, tetapi tidak pernah terlaksana. Bahkan, sebuah sumber mengatakan bahwa Chalor menikmati hukumannya di penjara karena selalu mendapatkan minuman keras. Selain itu ia mendapat keringanan hukuman menjadi 50 tahun di hari ulang tahun Raja Bhumibol.

Beberapa istri pejabat Thailand menghilang secara misterius termasuk Ratu Sirikit karena diketahui mengenakan kalung dengan bandul mirip Blue Diamond. Dengan kejadian-kejadian itu, hubungan antara Arab Saudi dan Thailand menjadi renggang. Bahkan pihak Saudi melarang warganya untuk mengunjungi Thailand.


Setelah itu muncul istilah "Kutukan Blue Diamond" karena banyaknya kasus misterius terkait dengan batu mulia ini. Uniknya, setelah isu kutukan itu menyebar, beberapa batu mulia ditemukan di tempat acak. Sebuah batu ditemukan di atas monumen yang berlokasi di depan gedung balaikota Chiang Mai. Kemudian di Thailand bagian utara tepatnya di Propinsi Phrae juga ditemukan batu mulia serupa yang dibungkus plastik. Kasus misterius ini pun ditutup tahun 2014 lalu karena kurangnya bukti. (Tribunnews)

0 comments:

Post a Comment