Friday, December 19, 2014

// // 36 comments

Bintang Terbesar di Galaksi Meledak, Manusia Terancam

Matahari sebagai pusat tata surya merupakan bintang dengan ukuran yang sangat besar. Namun, bintang terbesar di Galaksi Bima Sakti bukanlah matahari, melainkan sebuah bintang bernama Eta Carinae, yang berukuran jauh lebih besar daripada matahari. Dan saat ini bintang tersebut oleh para ilmuwan disebut tengah mengalami fase kolaps dan meledak.
Lebih lanjut menurut para ilmuwan, bintang yang mempunyai bobot 80 kali bobot matahari ini meledak karena kehabisan bahan bakar, dan bahkan ledakannya bisa berpengaruh ke bumi dan mengakibatkan kematian massal. Jika cahaya ledakan bintang tersebut mengarah ke bumi maka hal itu akan berbahaya bagi manusia, padahal jarak bintang ini ke bumi menurut para ilmuwan cukup dekat yaitu 7500 tahun cahaya.

Semburan cahaya ledakan bintang Eta Carinae tersebut bisa merusak lapisan ozon dan apabila lapisan ozon rusak maka manusia akan mudah terserang penyakit kanker kulit karena tidak ada perlindungan terhadap paparan radiasi. Meskipun begitu, seorang ahli fisika Dr. Alan Duffy mengatakan bahwa sinar ledakan Eta Carinae tidak mengarah ke bumi.

36 comments:

  1. Manusia hanya bisa memprediksi, tapi tuhanlah yang menentukan

    ReplyDelete
  2. Jika bintang Eta Carinae bisa meledak, matahari juga bisa meledak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Massa matahari tidak cukup besar untuk dapat meledak. Ketika matahari kehabisan helium, dia akan membesar dan berubah menjadi katai putih (cahaya meredup).

      Bintang yang bisa meledak adalah bintang yang massanya besar. Jika ledakannya supernova dia akan berubah menjadi black hole.
      Elemen2 matahari yang meledak tersebut akan kembali membentuk bintang baru (dari nebula: gas dan debu). Namun jika masanya tidak cukup besar dia bisa menjadi planet / sisa2 elemen lain (komet).

      Delete
  3. katanya sih matahari g bakal meledak cuman berevolusi,yaa tpi siapa yg tau

    ReplyDelete
  4. Maka selamatlah jiwa org yg mengkuduskan dirinya.

    ReplyDelete
  5. Matahari bukan jenis bintang yg meledak saat bahan bakarnya habis tapi lebih soft, sebelum mati matahari akan membesar hingga membakar sebagian planetnya termasuk bumi lalu mengecil dan menjadi abu.

    ReplyDelete
  6. berita hoax, Eta carinae meledak dan menjadi supernova. dampak dari supernova: Menciptakan Kehidupan di Alam Semesta.
    Supernova melontarkan unsur-unsur tertentu ke ruang angkasa. Unsur-unsur ini kemudian berpindah ke bagian-bagian lain yang jauh dari bintang yang meledak tersebut. Diasumsikan bahwa unsur atau materi tersebut kemudian bergabung membentuk suatu bintang baru atau bahkan planet di alam semesta (Wikipedia)

    ReplyDelete
  7. bgitulah hidup. trs mau apa lg? dr mana kita berasal pasti balik lagi ke asalnya.. jd buat apa takut pulang ke asal.... ya ga :)

    ReplyDelete
  8. LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH.. serahkan semua urusan kepada Allah. Sesungguhnya yang dapat menolong dalam semua aktivitas kita hanyalah Allah Ta’ala

    ReplyDelete
  9. Semua hidup dan kehidupan di dunia ini telah di atur Allah SWT,yakinlah atas kehendakNya.....

    ReplyDelete
  10. Barang siapa yang percaya Kepada YESUS KRISTUS PUTRA ALLAH maka dia akan diselamatkan. jadi bertekunlah dalam Doa agar jiwamu diselamatkan oleh pengasihan BAPAku diSorga. amin... amin... amin.

    ReplyDelete
  11. Tuhan kok punya anak jiaaha emengnye SAPI

    ReplyDelete
  12. Anak Tuhan kok pake kolor....sobek lagi.

    ReplyDelete
  13. “(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),” (QS. Ali-Imran 3:45)

    ReplyDelete
  14. klo kehabisan bahan bakar, ngisi lagi aja di pom bensin terdekat...

    ReplyDelete
  15. Allah Ta’ala berfirman,

    وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا (88) لَقَدْ جِئْتُمْ شَيْئًا إِدًّا (89) تَكَادُ السَّمَوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَقُّ الْأَرْضُ وَتَخِرُّ الْجِبَالُ هَدًّا (90) أَنْ دَعَوْا لِلرَّحْمَنِ وَلَدًا (91) وَمَا يَنْبَغِي لِلرَّحْمَنِ أَنْ يَتَّخِذَ وَلَدًا (92)

    “Dan mereka berkata: “Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.” Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, karena mereka menda’wakan Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak. Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.” (QS. Maryam: 88-92)

    ReplyDelete
  16. Manfaatkan waktu kita, manfaatkan hidup kita untuk membekali hidup kita di akhirat nanti...

    ReplyDelete
  17. Jadi sinarnya sampe ke bumi kira2 7.500 tahun lagi yaa...

    ReplyDelete
  18. Tuhan ber-anak.tuhan berkolor lebih nikmat kalo pake telor.satunya jiwanya kudus.kudus bukanya kota di jawa tengah yg ada pabrik rokok.gw pesen cucunya tuhan aja dah.

    ReplyDelete
  19. sayang seribu sayang nggak ada source nya ya...

    ReplyDelete
  20. mungkin ini link source nya :
    http://www.scientificamerican.com/article/fact-or-fiction-the-explosive-death-of-eta-carinae-will-cause-a-mass-extinction/

    dari penulis menyatakan, intinya tidak ada yang tahu kondisi sebenarnya yang akan terjadi

    ReplyDelete
  21. kalo itu sinar berarti brgerak dlm kecepatan cahaya.. klo org di bumi udh bisa liat (cahaya dari ledakan udh sampe bumi), brrti hrsnya udh nyampe sinar(penghancur)nya klo emng kesini..
    jdi intinya. aman

    ReplyDelete
  22. Maha besar Alloh dengan segala ciptaanNya (langit dan bumi)... Semoga manusia bisa berfikir dan bertaqwa.

    ReplyDelete
  23. plis sesama umat beragama jangan saling olok mengolok :)

    ReplyDelete
  24. Bintang tersebut meledak 7500 tahun lalu. Kita baru bisa melihat karena gambaran peristiwa ledakan tersebut harus menempuh waktu 7500 tahun. Jadi inshaallah kita baik-baik saja.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. itu jaraknya 7200 * 10^12 km....
    kalo nyampe bumi butuh waktu cukup lama.... tp gmana melihatnya jika sinarnya ada pada range diluar frekuensi yg bisa ditangkp mata... *CMIIW

    ReplyDelete
  27. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.QS.Al Araaf 7:54
    Hai manusia jangan banyak berprediksi , serahkan saja semua pada Allah tuhan semesta alam dan banyak-banyaklah menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya untuk bekal jika kita kelak hidup setelah kematian

    ReplyDelete
  28. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. QS Al-Maaídah 5:90

    ReplyDelete
  29. Ayo bagi yang mau gabung .... kami agen game online ya ...
    yang hobby main game merapat yuk ...
    salam admin F4n5 :)

    ReplyDelete