Thursday, June 18, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Lagu Pertama di Dunia yang Dibuat 4.000 Tahun Lalu

Diyakini bahwa orang-orang Yunani kuno adalah orang yang mengembangkan notasi musik untuk pertama kalinya. Notasi tersebut tersusun atas dua sistem huruf yang berbeda yang digunakan untuk instrumen musik dan vokal.
Sementara lagu pertama yang diciptakan oleh manusia konon adalah sebuah lagu berjudul "Hymn to Creation". Lagu ini tercatat ada di dalam buku karangan Homer berjudul The Book of Origin. Lagu himne Suriah tersebut ditulis dalam bahasa kuno yang disebut Cuneiform.

Bahasa Cuneiform adalah bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia dan digunakan oleh orang-orang Sumeria yang ada di sebelah tenggara Mesopotamia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Sementara konon lagu "Hymn to Creation" diciptakan pada 4.000 tahun silam.

Perkembangan musik sendiri menjadi semakin pesat ketika seorang bernama Boethius menulis beberapa buku mengenai notasi musik. Boethius yang hidup dalam rentang waktu antara 470-575 masehi ini juga mengembangkan sistem notasi musik menggunakan 15 huruf pertama alfabet.

Sementara penampilan perdana grup musik orkestra tercatat terjadi pada abad ke 17 tepatnya tahun 1615. Pada saat itu lagu yang ditampilkan adalah sebuah lagu karya Giovanni Gabrieli yang berjudul Sacrae Symphoniae.

0 comments:

Post a Comment