Wednesday, August 26, 2015

// // Leave a Comment

Stasiun Kereta di Jepang ini Dikepalai Oleh Seekor Kucing

Jepang terkenal salah satunya karena jalur kereta api yang cepat dan nyaman. Namun ada yang unik dengan salah satu stasiun kereta yang ada di Jepang, tepatnya di Distrik Kishi Wakayama. Stasiun kereta tersebut mengangkat seekor kucing betina bernama Nitama sebagai kepala stasiun di daerah itu. Uniknya, kepala stasiun kereta di distrik tersebut sebelumnya juga seekor kucing bernama Tama, yang mati pada 16 Juni lalu.
Tak tanggung-tanggung, kepala stasiun kucing bernama Tama tersebut menjabat sebagai kepala stasiun selama kurang lebih 8 tahun sebelum mengalami penurunan kondisi fisik dan akhirnya mati. Lantas mengapa stasiun tersebut mengangkat kucing sebagai kepala stasiun? Ternyata para pegawai stasiun mempunyai alasan sendiri.
Nitama, kucing kepala stasiun pengganti, merupakan kucing yang sudah dilatih untuk menjadi maskot stasiun daerah itu. Sama seperti Tama. Kemudian alasan yang lain adalah, kucing itu bisa dijadikan sebagai parameter; jika sang kepala stasiun kucing tidak betah berada di stasiun, artinya para pegawai stasiun tidak bekerja dengan baik.

Nitama merupakan kucing yang berusia 15 tahun dan dianggap berpengalaman dalam dunia perkereraapian. Hah?? Karir kucing Nitama ini dimulai dari menjadi resepsionis di Stasiun Idakiso. Kemudian selang beberapa waktu kucing Nitama ini naik jabatan menjadi pendamping Tama di Stasiun Kishi. Uniknya, sebelum dikepalai oleh Tama pada tahun 2007 lalu, Stasiun Kishi hampir bangkrut. 

0 comments:

Post a Comment