Friday, August 21, 2015

// // Leave a Comment

Gua Berisi Batu Akik Bermotif Bunga Gegerkan Tuban

Sebuah gua berisi batuan menyerupai akik bermotif bunga membuat geget warga masyarakat Tuban, Jawa Timur. Gua ini ditemukan oleh seorang penambang batu putih bernama Nistain. Menurut pengakuannya, gua tersebut ia temukan secara tak sengaja di sebuah perbukitan kapur yang ada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.
Nistain menceritakan proses penemuan gua tersebut. Menurut Nistain, saat itu ia sedang melakukan pemotongan batu putih dengan gergaji atau serkel. Namun tiba-tiba batu tersebut berlubang seukuran kepalan tangan orang dewasa. Merasa penarasan, Nistain mengambil galah bambu dan memasukkan galah tersebut ke dalam lubang. Ternyata seluruh batang galah tersebut masuk ke dalam gua.
Nistain kemudian memperbesar lubang tersebut hingga bisa dimasuki. Di dalam gua ia kaget karena banyak batu-batu berkilauan ketika terkena cahaya senternya. Di dalamnya juga terdapat stalagtit dan stalagmit. Tak perlu waktu lama, Nistain kemudian melaporkan penemuannya tersebut kepada pemilik lahan. Kemudian bersama beberapa warga Nistain masuk ke gua itu lagi, yang diperkirakan mempunyai luas sekitar 60 meter persegi.

Bersama warga, Nistain menemukan batu-batu berkilauan. Di beberapa bagian terlihat batuan mirip akik dengan motif bunga yang berwarna-warni. Keunikan batu tersebut adalah bisa memantulkan cahaya. Gua tersebut kemudian oleh Nistain diberi nama Gua Putri Lintang. Penemuan gua penuh akik tersebut langsung menghebohkan warga sekitar yang kemudian berbondong-bondong datang ke gua tersebut.

0 comments:

Post a Comment