Sunday, August 9, 2015

// // Leave a Comment

Asal Usul Ayam Cemani Berwarna Hitam Legam

Ayam Cemani mempunyai ciri yang sangat mudah dikenali yaitu mempunyai warna hitam legam di seluruh tubuhnya, bahkan lidah dan darahnya pun berwarna hitam. Ayam ini konon merupakan ayam asli Indonesia yang kerap dijadikan sebagai perlengkapan ritual adat kebudayaan khususnya di Jawa. Orang-orang tertentu juga meyakini bahwa ayam ini membawa keberuntungan. Uniknya, baru-baru ini terdengar kabar bahwa Ayam Cemani ini sangat populer dan laku keras di Amerika.
Bahkan konon tidak hanya para penghobi unggas saja yang tertarik dengan keunikan ayam ini, namun juga para ilmuwan yang tertarik dengan anatomi ayam hitam legam ini. Beberapa media di Amerika menyebut ayam ini sebagai "ayam dari kegelapan", dan beberapa penelitian mengenai ayam cemani khas Indonesia ini telah diterbitkan di beberapa jurnal internasional.
Penelitian yang dilakukan pada ayam cemani ini menghasilkan temuan mengenai penyebab warna hitam legam di seluruh tubuh ayam. Faktor yang menyebabkan tubuh ayam cemani berwarna hitam legam adalah karena mutasi genetik yang mengakibatkan suatu kondisi yang disebut fibromelanosis atau hiperpigmentasi kulit.

Mutasi tersebut kemudian menyebabkan ekspresi berlebihan pada protein pembentuk melanosit dan berkembang bahkan pada saat ayam masih berupa embrio. Hal inilah yang menyebabkan warna ayam cemani hitam legam di sekujur tubuhnya hingga ke organ-organ dalamnya. 

Uniknya, meskipun ayam ini diketahui berasal dari Indonesia, beberapa literatur kuno China menyebutkan bahwa ayam cemani merupakan ayam biasa yang menerima pil keabadian dari puncak Tiger-Nose. Meski begitu, beberapa ayam yang mengalami hiperpigmentasi tidak hanya terdapat di Indonesia, melainkan juga terdapat di beberapa negara lain seperti India dan Vietnam.(kompas.com)

0 comments:

Post a Comment