Tuesday, April 7, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Khasiat Tersembunyi Leunca yang Tak Banyak Diketahui

Bagi penggemar kuliner Indonesia, lalapan adalah salah satu menu yang banyak disukai. Lalapan bisa berupa sayuran-sayuran mentah yang telah dicuci. Salah satu diantara lalapan yang banyak disukai adalah buah Leunca, buah berbentuk hijau kecil ini banyak disukai sebagai lalapan.


Leunca mempunyai berbagai sebutan yang berbeda di setiap daerah, seperti Ranti di Jawa atau Bobosa di Maluku. Tetapi meskipun banyak dimanfaatkan untuk sayuran dan lalapan, banyak yang belum mengetahui khasiat tersembunyi Leunca. Bahkan, di berbagai negara buah ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di Meksiko, buah Leunca biasa digunakan sebagai obat pusing. Sementara di Cina, buah Leunca bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit radang ginjal dan kandung kencing,dan sebagai anti diare. Di India, Leunca bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit anjing gila.


Tetapi ternyata khasiat Leunca tidak hanya itu. Kandungan anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, serta mampu berperan sebagai sitopretektif yang mampu melawan kerusakan sel ginjal. Manfaat lain buah Leunca adalah mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, dan yang luar biasa, buah Leunca juga bisa digunakan sebagai obat kanker. 

Kandungan senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine di dalam buah itu mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa-senyawa itu diketahui bisa menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker leher rahim, kanker lambung, dan saluran pernafasan. Akan tetapi disamping mempunyai khasiat yang luar biasa, buah Leunca juga mempunyai efek negatif diantaranya adalah mengurangi jumlah sperma.

0 comments:

Post a Comment