Monday, April 6, 2015

// // Leave a Comment

Misteri Antikythera Akhirnya Terkuak

Antikythera merupakan sebuah benda kuno yang ditemukan di perairan dekat Pulau Antikythera pada tahun 1901 silam. Benda kuno misterius ini ditemukan dalam sebuah puing-puing kapal kuno yang konon berasal dari era 80 sebelum masehi. Benda berbentuk seperti jam weker ini kemudian diberi nama Antikytera Mechanism.
Berbagai penelitian terkait dengan benda ini kemudian terus dilakukan, hingga akhirnya para peneliti berhasil memecahkan misteri Antikythera ini. Penelitian menunjukkan bahwa Antikytera mempunyai mekanisme yang digunakan untuk menghitung dan mengukur pergerakan planet-planet dan bintang-bintang.
Dengan demikian, bisa disebutkan bahwa Antikythera adalah semacam komputer kuno yang digunakan dalam bidang astronomi. Menariknya, Antikythera yang ditemukan tersebut merupakan satu-satunya benda yang mungkin tersisa. Selain itu, benda kuno ini mempunyai desain yang indah.
Yang cukup mengejutkan dari Antikythera tersebut adalah kemampuannya dalam menghitung terkait dengan astronomi dengan akurat. Diantaranya, alat ini mampu menemukan jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, menghitung pergerakan orbit bulan, posisi planet, serta menghitung gerhana dengan tepat.

Dengan ditemukannya dan dipecahkannya misteri tentang kegunaan benda kuno itu, menimbulkan pertanyaan besar bahwa ternyata teknologi pada masa Yunani kuno telah sangat maju sehingga mampu menciptakan sebuah alat yang begitu rumit. 

Saat ini, alat bernama Antikythera Mechanism ini disimpan di Museum Arkeologi Natsional yang ada di Athena, Yunani.

0 comments:

Post a Comment