Tuesday, April 7, 2015

// // 1 comment

Lautan-Lautan Menakjubkan di Tata Surya

Tak hanya bumi, berbagai planet di tata surya diketahui mempunyai lautan. Hanya saja, lautan di planet-planet selain bumi mempunyai penampakan yang berbeda dengan lautan di bumi. Lautan-lautan di planet-planet selain bumi bahkan sangat menakjubkan. Inilah beberapa lautan di planet-planet selain bumi yang menakjubkan:


Lautan Api Alpha Centauri
Alpha Centauri merupakan salah satu planet yang terletak cukup dekat dengan matahari yaitu 4,2 juta tahun cahaya dan masuk ke dalam zona layak huni. Akan tetapi meskipun masuk ke dalam zona layak huni, planet ini mempunyai suhu sekitar 1.200 derajat celcius, tiga kali lipat daripada suhu Venus. Suhu yang ekstrim ini menyebabkan batuan-batuan yang ada di planet ini meleleh sehingga mustahil untuk ditinggali.


Lautan Berlian di Neptunus dan Uranus
Jika di bumi sedang tren fenomena batu akik, nampaknya hal itu tidak akan terjadi di dua planet itu. Pasalnya, di kedua planet itu terdapat lautan berlian. Hal ini disebabkan karena lapisan atmosfer kedua planet itu terdiri dari es, amonia, dan metana. Suhu yang tinggi menyebabkan gas metana tersebut memproduksi karbon murni dan meleleh sehingga menjadi lautan berlian. Selain itu banyak juga berlian keras yang mengapung di lautan berlian itu.


1 comment: