Tuesday, April 21, 2015

// // Leave a Comment

Megaproyek Pesawat Indonesia R-80

Dalam sejarahnya, Indonesia pernah mempunyai pesawat buatan sendiri yang diberi nama N-250 Gatotkaca, meskipun proyek pesawat ini terhenti akibat krisis hebat tahun 1998 lalu. Kini setelah beberapa tahun lewat, Indonesia akan memulai megaproyek pesawat penumpang berkapasitas 80-100 orang yang diberi nama R-80.
Pesawat R-80 ini dicetuskan oleh BJ Habibie yang dipresentasikan di depan Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 April 2015 lalu di forum NIF (National Innovation Forum) 2015 di Serpong, Tangerang, Banten. Menurut Habibie, pesawat R-80 ini akan lebih hebat daripada pesawat N-250 Gatotkaca karena berkecepatan tinggi. Selain itu pesawat ini juga mempunyai sistem keselamatan tinggi, nyaman, dan ramah lingkungan.

Menurut Habibie, pesawat ini akan siap mengudara pada tahun 2019 mendatang, sehingga dukungan pemerintah akan sangat diperlukan. Dukungan itu sangat diperlukan karena investor dalam maupun luar negeri baru akan menginvestasikan dananya jika ada dukungan pemerintah. "It's a surprise, you'll see it." lanjutnya.

Akan tetapi meskipun megaproyek ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, beberapa hal seperti SDM dan fasilitas pendukung merupakan tantangan yang harus dihadapi. Menghadapi tantangan itu, PT Ragio Aviasi Indonesia (RAI) akan menggandeng PT Dirgantara Indonesia untuk menyelesaikan megaproyek pesawat Indonesia ini.

0 comments:

Post a Comment