Wednesday, April 29, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Negara Terkecil di Dunia

Jika membahas masalah negara terkecil di dunia, yang akan langsung terpikirkan adalah Vatikan. Tunggu dulu, ternyata masih ada yang lebih kecil daripada Vatikan, dan saking kecilnya wilayah negara ini tak lebih besar daripada kastil milik David Beckham. Negara mungil ini disebut Sealand.
Negara "kecamatan" ini terletak di Selat Inggris, dan masih menggunakan Bahasa Inggris serta mata uang poundsterling. Negara Sealand ini juga terbilang unik karena sekilas mirip dengan kapal kilang minyak yang ada di tengah lautan. Pencetus negara mungil ini adalah Pady Roy bersaudara dan beberapa orang lainnya. Mereka menggunakan kapal bekas Perang Dunia II.
Pada tahun 1967 pengadilan memutuskan bekas kapal ini menjadi negara. Selain itu Sealand sudah menerbitkan paspor dan perangko sejak tahun 1969. Akan tetapi, meskipun pengadilan telah mengesahkan wilayah ini sebagai sebuah negara, Konvensi PBB mengenai Hukum Laut menyatakan bahwa pulau-pulau instalasi atau bangunan yang tidak memiliki status sebagai pulau tidak sah menjadi negara.

0 comments:

Post a Comment