Friday, April 3, 2015

// // 3 comments

Unabomber, sang Penjahat Jenius

Begitu banyak kisah orang-orang jenius di dunia ini, banyak diantaranya yang dikenal sebagai sosok yang berjasa di berbagai bidang, tetapi ada pula diantara para jenius itu yang memilih untuk berperan sebagai penjahat. Termasuk seorang jenius misterius yang dijuluki dengan nama Unabomber, seorang jenius yang memilih menjadi seorang penjahat.
Selama kurang lebih sekitar 20 tahun, Unabomber selalu mampu mengecoh aparat dengan identitasnya yang berubah-ubah. Debutnya sebagai seorang kriminal dimulai pada tahun 1978, yang dengan meledakkan bom buatan sendiri di Universitar Chicago. Setelah debutnya itu, Unabomber mengirimkan bom kepada orang-orang secara acak selama kurang lebih 18 tahun. Aksi kriminalnya ini menewaskan tiga orang dan 24 orang lainnya cedera.

Aksi terakhir Unabomber ini berhasil menewaskan ketua California Forestry Association yang bernama Gilbert Murray. Namun aksinya ini berakhir pada tahun 1996, ketika akhirnya ia tertangkap di daerah Montana. Diketahui nama asli Unabomber adalah Theodore Kaczynski.
Yang mengejutkan dari Unabomber ini adalah latar belakangnya. Ia diketahui pernah menjadi seorang dosen University of California. Selain itu, ia adalah lulusan dari Harvard University. Gelar sarjananya ia dapatkan di usia muda yaitu 20 tahun. Gelar doktoralnya atau PhD dari University of Michigan. 

Pada era 1970an, Kaczynski memilih untuk hidup menyepi di komplek Taman Nasional Lolo, Montana. Bahkan menurut salah seorang tetangganya, ia merupakan sosok yang tertutup. Keberhasilan aparat menangkap Unabomber ternyata berkat bantuan dari keluarganya, yaitu adiknya yang membaca ciri-ciri Unabomber yang dimuat di surat kabar.

Pada bulan Mei 1998, Theodore Kaczynski divonis bersalah dan dipenjara seumur hidup tanpa jaminan.

3 comments: