Thursday, April 2, 2015

// // Leave a Comment

Sejarah April Mop

Tanggal 1 April dikenal oleh masyarakat sebagai April Mop atau April Fool's Day dimana pada hari itu orang-orang bebas berbohong atau mengerjai atau membuat lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Entah sejak kapan tradisi ini mulai rutin dilaksanakan oleh hampir masyarakat di seluruh dunia. Tetapi sejarah mengenai tanggal 1 April ini ternyata ada beberapa versi.
Versi pertama tentang 1 April terjadi pada masa era abad pertengahan, yaitu pada masa Paus Gregorius XIII, yaitu sekitar tahun 1582. Pada saat itu, Paus Gregorius XIII memerintahkan agar Kalender Julian model lama tidak digunakan lagi. Sementara pada kalender baru, tahun batu diperingati pada tanggal 1 Januari. Akan tetapi, menurut kisah sejarah 1 April ini, masyarakat tetap menolak untuk merayakan tahun baru pada 1 Januari dan tetap merayakan tahun baru pada 1 April.

Versi kedua mengenai sejarah April Mop seperti dikemukakan oleh sejarahwan dari Universitas Boston bernama Joseph Boskin, bahwa April Mop dimulai pada masa pemerintahan Constantine. Pada masa itu, terdapat sekelompok orang yang bergurau kepada Kaisar Romawi bahwa mereka mampu menjalankan pemerintahan kerajaan lebih baik dari Kekaisaran. Di luar dugaan Kaisar merasa terhibur, dan seseorang dari kelompok itu yang bernama Kugel diminta oleh Kaisar untuk memerintah kerajaan selama sehari. Kugel kemudian mengeluarkan dekrit yang memerintahkan satu hari untuk absurditas pada hari itu yang menjadi acuan April Mop.

0 comments:

Post a Comment