Tuesday, January 19, 2016

// // 1 comment

Atasi Kulit Belang Terbakar Matahari Dengan 5 Cara Ini

Bagi sebagian besar orang, kulit belang akibat terbakar sinar matahari sangatlah mengganggu. Tabir surya atau sunblock mungkin membantu menangkal sinar matahari berlebihan yang mengenai kulit. Tapi, bagaimana bila lupa mengoleskan tabir surya ketika beraktifitas di luar ruangan, dan begitu sadar kulit sudah belang? Jangan khawatir, 5 cara ini bisa atasi kulit belang akibat terbakar matahari.

MENGONSUMSI OBAT ANTI INFLAMASI DALAM WAKTU 24 JAM
Obat anti inflamasi seperti aspirin dapat digunakan untuk menghentikan pigmentasi dan kerusakan kulit yang lebih parah. Segera setelah terpapar sinar matahari, atau dalam waktu 24 jam, mengonsumsi obat anti inflamasi dapat digunakan untuk mencegah kulit belang karena sinar matahari. Seorang dokter ahli bedah dan dermatologi bernama Ellen Marmur, M.D menyarankan hal yang sama.

MENGGUNAKAN MASKER PENDINGIN DAN PENCERAH WAJAH 
Kaum wanita sering menggunakan bahan-bahan seperti mentimun, pepaya, lemon, atau yoghurt. Menariknya, bahan-bahan tersebut selain bisa digunakan untuk wajah, bisa juga diaplikasikan untuk mengatasi kulit belang akibat sinar matahari. Bahan-bahan alami itu mengandung astrigent yang memberikan kesejukan pada kulit. 

OLESKAN LULUR PENCERAH
Lulur pencerah juga bisa digunakan untuk mencegah kulit belang akibat terbakar matahari. Beberapa bahan alami seperti tomat, mentimun, atau bahan-bahan alami lain bisa digunakan. Caranya, cukup tumbuk salah satu bahan tersebut dan oleskan pada kulit yang terpapar sinar matahari selama 20-30 menit. Ulangi beberapa kali sampai kulit pulih seperti sediakala.

EKSFOLIASI SETELAH SUNBURN PULIH
Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati bisa membantu meregenerasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Hampir sama seperti pada hewan reptil, ketika berganti kulit maka kulit barunya akan terlihat lebih bersih dan mengilap. Pada manusia, untuk meregenerasi kulit mati bisa menggunakan scrub alami seperti oatmeal atau bubuk kopi. Tapi lakukan proses scrubing ini setelah bengkak dan perih pada kulit sembuh.

MENGONSUMSI MAKANAN SUMBER VITAMIN
Beberapa vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E bisa membantu mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Vitamin-vitamin tersebut juga bisa membantu mempercerah kulit dengan proses dari dalam. Vitamin-vitamin di atas bisa didapatkan dari sumber-sumber makanan seperti sayuran-sayuran berwarna merah, hijau, dan kuning.

Nah, dengan mengetahui cara-cara di atas, tak perlu khawatir lagi untuk beraktifitas di luar ruangan meskipun tak mengoleskan sunblock, karena cara-cara tersebut bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

1 comment:

  1. F4ns Bett1ng agent bola terpercaya di Indonesia
    buruan daftar 5ee80afe

    ReplyDelete