Wednesday, October 7, 2015

// // Leave a Comment

Lumia 950 Smartphone Canggih Terbaru dari Microsoft

Pasar smartphone global hingga saat ini sepertinya masih didominasi oleh Samsung dan Apple. Namun, beberapa vendor yang memilih untuk bermain di kelas menengah juga meraih sukses masif, seperti yang diraih oleh Xiaomi, Lenovo, serta Asus. Microsoft, yang sempat terjun ke persaingan smartphone menggunakan sistem operasi sendiri nampaknya belum bisa menyaingi kesuksesan merk-merk tersebut di atas. 
Namun, apakah Microsoft sudah menyerah? Tentu saja jawabannya tidak. Bahkan Microsoft dengan seri Lumia-nya tengah bersiap untuk merilis smartphone Lumia terbaru. Tidak tanggung-tanggung, Microsoft mempersiapkan Lumia terbarunya ini sebagai smartphone premium dengan berbagai fitur canggih. Microsoft memberi nama Lumia 950 pada produk terbarunya ini.
Seberapa canggih? Microsoft Lumia 950 merupakan smartphone yang mengusung layar 5,2 inci. Layar sebesar 5,2 inci tersebut dibekali dengan resolusi Quad HD. Untuk mendukung kinerja smartphone ini, Microsoft membenamkan chip Hexa Core Qualcomm Snapdragon 808 dengan kecepatan 1,8 GHz. Chip tersebut merupakan sumber tenaga yang juga mendukung kinerja dari dual kamera sebesar 20 MP dan 5 MP. Kamera-kamera tersebut telah menggunakan lensa Zeiss dan tiga LED sekaligus.

Baterai sebesar 3000 mAh serta USB tipe C untuk pengisian yang lebih cepat juga digunakan untuk Microsoft Lumia 950 terbaru ini. Selain itu, Lumia 950 juga mendukung pengisian tanpa kabel. Microsoft sepertinya tidak ingin tanggung-tanggung dalam mempersiapkan smartphone ini sebagai pesaing utama semua smartphone yang ada di luar sana. Ruang penyimpanan sebesar 32GB masih bisa ditambah dengan microSD jika dirasa kurang. Tak main-main, ruang penyimpanan bisa ditambah hingga 2TB!

Pada fitur keamanan, Microsoft Lumia 950 belum menggunakan sensor sidik jari seperti beberapa smartphone terkenal lain, tetapi sebagai gantinya Microsoft membenamkan teknologi sensor inframerah yang dinamakan Hello. Sensor inframerah ini berada di bagian depan dan diklaim efektif untuk mengunci dan membuka smartphone. Sensor inframerah ini juga bisa digunakan dalam berbagai kondisi pencahayaan. Bahkan dalam pencahayaan yang rendah sekalipun.

Namun salah satu yang menyita perhatian adalah sebuah fitur bernama Continuum. Fitur ini mampu menghubungkan smartphone ke PC dan membuat smartphone ini mampu menjalankan aplikasi desktop layaknya sebuah PC. Hebatnya, meski sedang terhubung ke PC, smartphone terbaru Microsoft Lumia 950 masih bisa digunakan layaknya smartphone biasa. 

Fitur Continuum ini memang unik, namun fitur ini merupakan fitur kelas berat dan tentu saja akan membuat perangkat menjadi cepat panas. Untuk mengatasi hal ini, Microsoft juga telah menggunakan cara yang cukup unik berkaitan dengan permasalahan overheat yang sering dialami oleh smartphone yang menggunakan Snapdragon 808, yaitu sistem pendingin cair. Bagaimana, luar biasa bukan? Smartphone Microsoft Lumia 950 ini akan dirilis pada November mendatang, bersamaan dengan Microsoft Lumia 950 XL. Kedua smartphone tersebut pada dasarnya sama, yang membedakan hanyalah layarnya. Lumia 950 XL mempunyai layar yang lebih besar daripada Lumia 950.

Sampai waktu rilis tiba, lebih baik siapkan uang untuk menebus smartphone terbaru Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Bagi yang tertarik dengan Microsoft Lumia 950, siapkan uang kurang lebih $549, sementara jika tertarik dengan Microsoft Lumia 950 XL, siapkan uang $649. Kedua smartphone terbaru Microsoft ini telah menggunakan sistem operasi terbaru Windows Mobile.


0 comments:

Post a Comment