Thursday, October 8, 2015

// // Leave a Comment

Di India, Toilet Dianggap Benda Suci dan Disembah

Ada-ada saja kelakuan penduduk di sebuah desa yang ada di India ini. Bantuan toilet yang disumbangkan oleh pemerintah daerah untuk mengurangi kebiasaan warga yang sering buang air besar di tempat-tempat terbuka, oleh penduduk lokal malah dianggap benda suci. Bahkan, toilet tersebut juga disembah.
Bantuan toilet ini merupakan program untuk menghilangkan kebiasaan warga pedesaan yang buang air besar di tempat-tempat terbuka. Maka, seperti yang dikatakan Perdana Menteri India Narendra Modi, perlu adanya gerakan "Clean India." Namun gerakan tersebut nampaknya tidak berjalan mulus karena perilaku masyarakat lokal yang menganggap bahwa toilet adalah benda suci dan harus disembah.

Bahkan, masyarakat setempat mengadakan upacara yang disebut "Pooja" untuk meresmikan toilet yang baru selesai dibangun. Layaknya upacara-upacara keagamaan di India yang penuh dengan bunga berwarna-warni, upacara "Pooja" ini juga penuh dengan bunga yang berwarna-warni. Selain itu, masyarakat menawarkan pisang dan kelapa untuk para dewa.

Perilaku ini memang tak mengherankan, mengingat banyak upacara-upacara adat yang cenderung aneh. Sementara, data terbaru India mengungkapkan bahwa 600.000 jiwa melayang akibat kebiasaan yang tidak higienis tersebut. Sekitar 620 juta orang di India melakukan perilaku buang air besar di tempat-tempat terbuka. (tribunnews.com)

0 comments:

Post a Comment