Monday, October 26, 2015

// // 1 comment

Inilah Metode-Metode Pengobatan Unik Asli Indonesia

Meskipun di era modern seperti sekarang masyarakat lebih percaya pada kemampuan dokter modern dengan pergi ke rumah sakit jika merasa tidak sehat, namun pada dasarnya banyak sekali metode-metode pengobatan asli Indonesia yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Sebagai pengetahuan asli warisan, terkadang metode-metode pengobatan tradisional Indonesia ini sangat aneh, dan mungkin sulit diterima oleh akal sehat. Namun pada kenyataannya, metode-metode pengobatan unik tersebut terbukti manjur, pada penyakit-penyakit tertentu. Nah, penasaran dengan metode pengobatan unik asli Indonesia? Berikut beberapa diantaranya.

PENGOBATAN UNIK UNTUK PENYAKIT HERPES
Herpes merupakan penyakit kulit yang cukup mengganggu, baik itu secara mental ataupun fisik. Sebagai penyakit kulit, penyakit ini nampak dengan jelas di permukaan kulit, dengan tampilan bentol-bentol kecil berwarna kemerahan. Di dalam bentol-bentol tersebut mengandung air. Yang mengganggu adalah, penyakit kulit ini sangat gatal dan tentu saja mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.
Bagi masyarakat Jawa, herpes sering disebut sebagai penyakit "dompo", yang mempunyai dua jenis, yaitu "dompo kembang" dan "dompo ulo". Perbedaan keduanya hanya persebaran penyakit di kulit. Untuk mengobati penyakit ini, masyarakat Jawa meyakini bahwa herpes atau dompo ini akan sembuh dengan bantuan; seorang janda yang menikahi perjaka, atau perawan yang menikah dengan duda. Caranya, salah satu dari orang-orang tersebut meminum air tetapi jangan ditelan, kemudian disemburkan ke bagian kulit yang terkena dompo atau herpes. Kemudian? Cukup seperti itu, tinggal tunggu saja penyakitnya mengering kemudian sembuh. Tak perlu obat kimia atau resep dokter.

MENGOBATI MATA BELEKAN
Penyakit ini mungkin sepele, tetapi cukup mengganggu karena sangat mudah menular. Penyakit ini kerap muncul di musim kemarau. Gejala awal terkena belekan biasanya mata terasa gatal, dan ketika bangun tidur mata tidak bisa dibuka. Setelah terbuka, mata akan lebih sipit, dan daerah sekeliling mata terlihat bengkak dan merah. Selain itu, bagian putih mata juga berwarna kemerah-merahan. Butuh ketelatenan untuk mengobati penyakit ini.
Namun, ternyata ada cara untuk mengobati belekan ini tanpa repot-repot pergi ke dokter atau membeli obat mata. Bagaimana? Caranya sangat mudah, ketika bangun tidur, pergilah ke kamar mandi. Biasanya di pagi hari akan terasa mau kencing. Nah, ambillah setetes atau secukupnya air seni tersebut, kemudian oleskan ke mata yang terserang belekan. Menjijikkan? Tak perlu jijik, namanya juga obat. Reaksi awal mata akan terasa sangat perih dan cukup panas, namun jangan khawatir karena setelah itu mata akan bisa dibuka dan terasa lebih ringan. Ulangi selama beberapa kali sampai benar-benar sembuh. Informasi tambahan, selain air seni, ludah juga bisa digunakan. Caranya sama, cukup oleskan ke mata. Sama seperti air seni, gunakan ludah pertama kali saat bangun tidur.

MENGOBATI DEMAM PADA BAYI
Demam merupakan penyakit yang umum dan sering dijumpai pada siapapun baik itu pria atau wanita, tua atau muda, bahkan anak-anak serta Bayi. Nah, sekarang jika seseorang terkena demam biasanya akan langsung pergi ke dokter untuk disuntik dan membeli obat. Tetapi pengobatan tradisional untuk mengobati demam ini cukup unik, bahkan cenderung aneh. Bagi bayi yang terkena demam, bisa diberikan semacam salep yang dibuat sendiri. Bahannya pun sangat mudah, yaitu rambut sang ibu. Potong secukupnya rambut sang ibu, kemudian potong-potong kecil dan beri minyak kelapa atau minyak goreng. Setelah selesai, cukup dioleskan ke embun-embun si bayi. Biasanya tak berapa lama demam pada bayi akan menghilang.

Itulah beberapa metode pengobatan unik asli Indonesia, khususnya yang berkembang di daerah Jawa. Beberapa pengalaman menunjukkan bahwa metode-metode tersebut di atas memang manjur, tetapi mungkin itu karena ada hal-hal tertentu seperti keyakinan yang mendalam bahwa cara tersebut merupakan cara yang paling tepat. Maka, tidak disarankan untuk mengikuti metode-metode tersebut dan lebih baik jika penderita dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan petunjuk dari dokter. Tetapi, jika pembaca ingin berbagi metode-metode pengobatan unik dari daerahnya masing-masing bisa ditambahkan di kolom komentar.

1 comment:

  1. Piala Dunia nih, yuk mari daftar dan pasang jagoan mu disni Update Betting

    ReplyDelete