Wednesday, March 11, 2015

// // Leave a Comment

Misteri Benua yang Hilang Kumari Kandam

Bicara tentang benua yang hilang, yang langsung teringat pasti adalah benua legendaris Atlantis yang dicetuskan oleh Plato. Sampai saat inipun Benua Atlantis ini belum diketahui secara pasti dimana lokasi tepatnya. Selain Atlantis, terdapat juga Lemuria yang juga menjadi kisah legendaris mengenai tempat-tempat atau peradaban kuno yang hilang.
Akan tetapi, muncul pula perdebatan mengenai eksistensi benua yang hilang selain Atlantis, yaitu benua misterius yang disebut Benua Kumari Kandam. Kisah-kisah mengenai benua yang konon terletak di Samudra Hindia ini sempat muncul di manuskrip-manuskrip Tamil abad ke-15. Namun diyakini bahwa kisah-kisah mengenai benua yang hilang ini juga pernah dikisahkan sebelumnya.
 
 
Meskipun begitu, ada juga yang menyamakan antara Lemuria dan Kumari Kandam. Wilayah Kumari Kandam konon diperintah oleh seorang pemimpin bernama Raja Pandiyan. Kisah mengenai Kumari Kandam juga menyebutkan bahwa peradaban Tamil adalah peradaban tertua di dunia dan menyebar yang kemudian menciptakan berbagai peradaban di dunia. Wilayah Kumari Kandam juga konon merupakan asal mula peradaban manusia.
 
Beberapa penampakan alam diduga merupakan bukti keberadaan benua yang hilang ini, salah satunya adalah Jembatan Adam, atau dikenal juga dengan Jembatan Rama. Seperti diketahui Jembatan Rama merupakan daratan sepanjang 18 mil yang menghubungkan antara India dan Sri Lanka. Menurut legenda, jembatan ini dibuat oleh Rama yang digunakan untuk mengangkut pasukannya menuju Lanka.
 
 
Mengenai kebenaran tentang keberadaan pulau misterius Kumari Kandam ini belum bisa dipastikan, akan tetapi beberapa legenda Tamil dianggap merupakan kebenaran. Lantas, bagaimana menurut pembaca?

0 comments:

Post a Comment