Wednesday, March 25, 2015

// // Leave a Comment

Gas Nitrogen di Mars Merupakan Bukti Kehidupan?

Segala hal terkait dengan Planet Mars memang selalu menarik untuk disimak. Seperti yang baru-baru ini ditemukan oleh wahana luar angkasa milik NASA Curiosity yang mendeteksi adanya kandungan gas nitrogen di Mars. Zat tersebut ditemukan setelah Curiosity melakukan penggalian di Mars dan menemukan Nitrat, yang terbentuk dari Nitrogen dan Oksigen.


Salah seorang peneliti NASA Jennifer Stern yang terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa penemuan nitrogen bisa jadi merupakan petunjuk bahwa lingkungan Mars di sekitar Kawah Gale sangat mendukung untuk kehidupan. Nitrat merupakan salah satu komponen penting penyusun komponen dasar makhluk hidup, yaitu DNA dan RNA.


Akan tetapi, dugaan terkait adanya makhluk hidup di Mars juga tak langsung diyakini begitu saja karena Nitrogen tersebut bisa jadi disebabkan oleh hal lain seperti tumbukan asteroid dan petir. Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2012 lalu, Curiosity telah menemukan beberapa hal menarik di Mars diantaranya adalah penemuan nitrogen dan jejak bekas aliran air.

0 comments:

Post a Comment