Tuesday, March 17, 2015

// // Leave a Comment

Ilmuwan Temukan Planet Bercincin

Sistem tata surya yang diketahui manusia menempatkan delapan buah planet dengan Planet Saturnus yang unik karena adanya cincin yang mengelilingi planet. Akan tetapi keunikan Planet Saturnus ini nampaknya akan segera tersaingi karena secara mengejutkan ilmuwan menemukan planet yang mempunyai cincin.


Planet baru bercincin ini ditemukan berada diantara Planet Saturnus dan Uranus. Planet bercincin ini ditemukan oleh ilmuwan dari MIT (Massachusets Institute of Technology). Meskipun ukuran planet ini tidak begitu besar bahkan cenderung kerdil, planet yang dinamai Chiron ini mempunyai keunikan. Bagi penggemar film, Chiron adalah karakter makhluk manusia setengah kuda dalam film Percy Jackson.


Alasan ilmuwan menamai planet kerdil ini dengan karakter itu adalah karena planet kerdil bercincin ini merupakan "campuran" karena terlihat seperti gabungan komet dan asteroid. Seperti komet karena 'planet' ini dikelilingi debu-debu luar angkasa, namun debu-debu itu mengelilingi Chiron sehingga terlihat seperti cincin.

0 comments:

Post a Comment