Thursday, March 5, 2015

// // Leave a Comment

Fosil "Manusia Pertama" Ditemukan di Ethiopia

Sebuah fosil yang ditemukan oleh ilmuwan di Ethiopia ternyata cukup mengejutkan karena usia fosil ini sangat tua yaitu sekitar 2,8 juta tahun, lebih tua 400 tahun dari fosil sebelumnya yang menjadi temuan fosil tertua. Dengan begitu, apakah fosil yang ditemukan di Ethiopia ini merupakan fosil milik manusia pertama di dunia?
Tim peneliti tersebut mengungkapkan bahwa iklim menyebabkan para manusia purba pemanjat pohon untuk turun ke tanah dan perlahan-lahan berevolusi menjadi manusia tegak. Seorang profesor dari Universitas Nevada bernama Brian Villmoare mengungkapkan bahwa bentuk rahang dari fosil tertua tersebut mirip dengan fosil primata berusia 3,8 juta tahun yang juga ditemukan di wilayah yang sama pada tahun1974.
 
 
Terkait hal tersebut, permasalahan mengenai apakah fosil berusia 2,8 juta tahun itu merupakan fosil manusia purba pertama hingga saat ini masih diperdebatkan. Fosil yang diberi nama Lucy tersebut diperkirakan dari spesies Australopithecus Afarensis ini ditemukan oleh seorang mahasiswa asal Ethiopia bernama Chalachew Seyoum di daerah Ledi-Geraru.
 
Kawasan Ethiopia memang menyimpan banyak fosil manusia purba berusia tua, setelah sebelumnya juga ditemukan fosil rahang atas berusia 2.35 juta tahun di Hadar, sebuah daerah di Ethiopia.
 

0 comments:

Post a Comment