Thursday, March 26, 2015

// // Leave a Comment

Rahasia di Balik Kesuksesan Xiaomi

Hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama, Xiaomi berhasil menjelma menjadi salah satu produsen smartphone terbesar dan menjadi daya tarik yang kuat bagi para penggemar smartphone. Sampai saat ini Xiaomi berhasil menjadi produsen smartphone terbesar keempat.
Sebenarnya strategi apa yang dilakukan oleh Xiaomi sehingga berhasil bertransformasi menjadi produsen smartphone populer? Xiaomi mempunyai strategi yang jitu untuk menembus pasar smartphone dunia, diantaranya merekrut orang-orang yang benar-benar berpengalaman di bidangnya masing-masing. Kemudian orang-orang itu ditempatkan di perwakilan negara-negara tertentu yang dianggap potensial. Salah satunya adalah Hugo Barra yang merupakan mantan eksekutif di Google. 
Selain itu Xiaomi juga menerapkan strategi memasarkan produk berkualitas dengan mengambil untung tipis. Tapi tidak seperti produk smartphone murah lainnya yang membuat produk murah dengan spesifikasi biasa-biasa saja, Xiaomi menciptakan produk smartphone murah dengan spesifikasi yang cukup mentereng. Dengan mengambil resiko itu, Xiaomi perlahan namun pasti mulai mendapat kepercayaan publik.
Strategi Xiaomi lain adalah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi yang jitu. Terbukti cara ini lebih efisien daripada pemasaran melalui mulut ke mulut. Strategi iklan itu kemudian diikuti dengan strategi penjualan produk di toko online, tanpa toko fisik. Langkah ini berhasil mendapatkan keuntungan besar hingga akhirnya Xiaomi membuka toko fisik resmi di beberapa negara.
Dengan distribusi online, packing juga menjadi perhatian serius dari Xiaomi. Untuk menghindari kerusakan saat pengiriman barang, Xiaomi membuat packing aman dan kuat yang bahkan tidak penyok meskipun diinjak oleh orang dengan bobot berat sekalipun. 
Strategi terakhir, Xiaomi menggandeng komunitas yang dihuni oleh orang-orang berkompeten yang akhirnya menghasilkan ROM MIUI yang unik dan banyak digemari oleh penggemar smartphone. Sebagai balas jasa, Xiaomi menampilkan nama-nama orang-orang yang ikut mengembangkan ROM MIUI tersebut di dalam menu About.

Dengan strategi-strategi itulah Xiaomi berhasil membayangi bahkan mengancam kepopuleran Apple dan Samsung hanya dalam waktu dua tahun. 


0 comments:

Post a Comment