Thursday, March 12, 2015

// // Leave a Comment

Miris, Situs Sejarah Terancam Rusak Akibat Penggalian Akik

Popularitas batu akik yang melonjak gila-gilaan memang di satu sisi memberikan keuntungan bagi masyarakat, tetapi di sisi lain juga akan memberikan kerugian terutama jika penggalian batu akik tidak dikendalikan atau dikelola dengan benar. Seperti yang terjadi di Bandung, Jawa Barat, sebuah situs sejarah terancam rusak karena penggalian batu akik yang tak terkendali.
Adalah Curug Dago, yang terancam rusak akibat penggalian batu akik oleh oknum yang belum diketahui. Menurut Agus Hanafiah, Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional Jawa Barat, penggalian batu akik di tempat itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi pada malam hari.
 
Meskipun penggalian ilegal batu akik itu belum memasuki desa adat tetapi penggalian ini cukup mengkhawatirkan, karena selain mengancam situs sejarah itu, penggalian tak terkendali akan mengancam warga terkait dengan tanah longsor. Jika penggalian batu akik ilegal ini terus menerus dilakukan tentunya hal ini akan merugikan masyarakat sendiri.
 

0 comments:

Post a Comment