Wednesday, March 4, 2015

// // Leave a Comment

Miris, Salju Abadi Puncak Jaya Wijaya Terancam Hilang

Meskipun berada di daerah yang hanya mempunyai dua musim, Indonesia juga mempunyai salju layaknya negara-negara yang mempunyai empat musim. Hebatnya, salju di Indonesia ini abadi, yaitu salju yang ada di puncak pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Sayangnya, salju abadi di puncak Jaya Wijaya ini terancam hilang dan tinggal cerita karena disebabkan oleh berbagai faktor.
Keprihatinan akan hal ini banyak disampaikan oleh para pendaki gunung, yang menyaksikan secara langsung bagaimana salju abadi di puncak Jaya Wijaya ini perlahan-lahan mencair akibat dari suhu panas yang kian meningkat di bumi.
 
Salah satu komunitas pendaki gunung yaitu tim 7 Summit Expedition pada tahun 2008 lalu. Pada saat itu salju abadi sepanjang 200 meter telah mencair. Selanjutnya pada tahun 2010 tim tersebut kembali ke puncak pegunungan untuk memberi tanda berupa patok untuk mengamati berapa banyak salju yang meleleh.
 
 
Penelitian mengenai salju abadi di Pegunungan Jaya Wijaya memang telah lama dilakukan bukan hanya oleh para pendaki gunung lokal, tetapi juga oleh para ilmuwan dari luar negeri yang juga mengungkapkan hal yang sama; kekhawatiran mengenai kelangsungan salju abadi di Jaya Wijaya.
 
Menurut para ilmuwan tersebut, salah satu faktor penyebabnya adalah meningkatnya suhu di laut pasifik. Jika benar begitu, nampaknya salju abadi di puncak Jaya Wijaya benar-benar hanya akan menjadi cerita.
 

0 comments:

Post a Comment