Monday, January 12, 2015

// // Leave a Comment

Ilmuwan Temukan Spesies Kelelawar Baru

Meskipun banyak spesies hewan yang terancam punah, ternyata banyak spesies-spesies baru yang ditemukan oleh para ilmuwan, seperti spesies kelelawar baru yang ditemukan di hutan hujan Laos dan Vietnam. Keunikan kelelawar ini adalah mempunyai taring yang berukuran besar untuk ukuran kelelawar lainnya. (Baca: Spesies Kumbang Baru Ditemukan di Indonesia)
Spesies baru kelelawar ini kemudian dinamakan dengan Hypsugo Dolichodon yang berarti bergigi panjang. Spesies ini ditemukan pada tahun 1997 tetapi para peneliti baru menyelesaikan penelitian tentang hewan ini pada 2014 lalu. Penelitian tentang kelelawar ini membutuhkan waktu yang cukup lama disebabkan karena mengumpulkan berbagai bukti dan membandingkan dengan spesies kelelawar lain.
Tamas Gorfol, salah seorang peneliti kelelawar tersebut mengungkapkan mengapa kelelawar ini mempunyai taring yang besar dan panjang. Ia menjelaskan bahwa taring sangatlah penting untuk menagkap mangsa, dan dengan taring yang besar dan panjang memungkinkan kelelawar ini menangkap serangga yang mempunyai cangkang keras. (Baca: Ilmuwan Temukan Spesies Udang Baru)

Akan tetapi saat ini habitat yang menjadi lokasi penemuan kelelawar ini terancam rusak karena pembangunan bendungan besar yang sedang dibangun. (Baca: Ilmuwan Indonesia Dijadikan Nama Spesies Ikan Baru)

0 comments:

Post a Comment