Wednesday, January 7, 2015

// // Leave a Comment

Detik Kabisat Akan Terjadi di Bulan Juni 2015

Tahun 2015 ini sepertinya manusia benar-benar akan disuguhi berbagai fenomena menarik terkait dengan peristiwa alam, dan pada bulan Juni 2015 mendatang, tepatnya tanggal 30 Juni 2015 bumi akan mengalami fenomena detik kabisat.
Peristiwa ini diungkapkan oleh kumpulan ilmuwan dari Pusat Pemantauan Bumi dan International Earth Rotation Service yang berpusat di Paris. Pada tanggal 30 Juni 2015 tersebut bumi akan mengalami detik kabisat, maksudnya adalah bumi akan mendapatkan tambahan satu detik per menitnya. Jadi pada tanggal tersebut satu menit mempunyai 61 detik, bukan 60 detik seperti biasanya.

Hal tersebut karena bumi mengalami pelambatan rotasi secara berkala. Dan meskipun hanya satu detik, ternyata mempunyai efek yang cukup menarik perhatian, pasalnya jaringan internet pada tanggal tersebut bisa mengalami gangguan. Tepat pada pukul 11:59:60 PM UTC time, detik kabisat akan dimulai. Penambahan satu detik merupakan cara untuk menyelaraskan waktu bumi dan waktu atom secara akurat, dan yang digunakan sebagai transaksi elektronik adalah waktu atom. (DailyMail)


0 comments:

Post a Comment