Wednesday, December 4, 2013

// // 3 comments

Ilmuwan Asal Indonesia Dijadikan Nama Spesies Ikan Baru

spesies ikan baru, spesies ikan terbaru, ilmuwan indonesia jadi nama spesies ikan baru, spesies ikan baru di NTT
Seekor spesies ikan baru yang ditemukan di perairan Nusa Tenggara Timur diberi nama sesuai dengan nama ilmuwan asli Indonesia yang bekerja di Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Renny Kurnia Hadiaty. Ikan yang termasuk ke dalam kelompok ikan karang dan berasal dari genus Paracheilinus ini ditemukan atas hasil dari kerjasama Pusat Keanekaragaman Hayati dan Conservation International.
Spesies ikan yang kemudian diberi nama Paracheilinus Rennyae ini merupakan ikan endemik, yang hanya bisa ditemukan di terumbu karang di perairan Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu titik segitiga terumbu karang dunia. Dan meskipun ikan ini merupakan jenis ke-17 dari jenis Flasherwrasse, secara genetika spesies ikan itu mempuyai keunikan diantaranya pada corak warna yang unik dan perbedaan pada bentuk fisik, yaitu perbedaan pada sirip punggung dan ekor yang membentuk lingkaran.
Renny Kurnia Hadiaty sendiri mengaku bangga dengan penggunaan namanya yang digunakan sebagai nama spesies ikan baru, seperti yang dikatakannya dalam siaran pers yang mengatakan bahwa ia bangga dengan pengakuan atas ikan yang cantik tersebut. Ia juga mengucapkan terimakasih pada seorang pakar ikan terkenal, Gerald Allen yang telah mempublikasikan ikan itu.

3 comments: