Saturday, January 24, 2015

// // 1 comment

Pesawat Terbang Bertenaga Surya Siap Mengudara

Sebuah pesawat terbang akan coba diterbangkan oleh dua orang pilot asal Swiss pada Februari mendatang. Hebatnya, pesawat terbang ini tidak akan menggunakan setetes pun bahan bakar minyak karena pesawat terbang ini merupakan pesawat terbang bertenaga surya. Pesawat terbang yang diberi nama Solar Impulse 2 ini akan diterbangkan oleh pilot Andre Broschberg dan Bertrand Piccard.


Pesawat Solar Impulse 2 yang dirakit di Abu Dhabi ini menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti plastik yang dilapisi kaca. Pesawat ini menurut rencana akan berangkat dari Abu Dhabi sekitar akhir Februari hingga awal Maret dengan jarak tempuh mencapai 35.000 km dengan perkiraan waktu kurang lebih sekitar lima bulan.


Pesawat Solar Impulse 2 mempunyai bentang sayap selebar 72 meter dan sayap tersebut dilengkapi dengan panel-panel surya untuk menangkap tenaga matahari yang digunakan sebagai tenaga utama untuk menggerakkan mesin pesawat. Penerbangan ini juga merupakan kampanye penggunaan sumber energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan.

1 comment:

  1. Ini sangat luar biasa, jadi nanti BBM untuk pesawat bisa diminimalisir. Terus polusi juga bisa ditekan.

    ReplyDelete