Tuesday, November 24, 2015

// // 1 comment

Menelusuri Indahnya Pulau Enggano, Pulau Terluar Indonesia di Samudra Hindia

Sebagai negara kepulauan, masih banyak terdapat pulau-pulau indah yang belum terjamah oleh hiruk pikuk modernitas. Tempat-tempat seperti ini sebenarnya merupakan tempat yang tepat untuk melepaskan lelah dari aktifitas sehari-hari yang seringkali memberikan tekanan luar biasa. Namun, ketika tempat-tempat wisata populer sudah terlalu mainstream, alternatif liburan ini mungkin bisa dicoba; menelusuri pulau-pulau terluar di wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Pulau Enggano.
Sebagai wilayah kepulauan dengan garis pantai terpanjang, wisata pantai memang menjadi unggulan di berbagai wilayah Indonesia. Saat ini, wisata pantai di wilayah Indonesia Timur menjadi primadona dengan pasir putihnya dan airnya yang sangat jernih. Namun, yang seperti itu juga ada di Indonesia bagian barat. Tepatnya di Pulau Enggano, salah satu pulau terluar Indonesia yang ada di Samudra Hindia. Jika pantai di wilayah timur Indonesia adalah surga diving, maka pantai di barat Indonesia adalah tempat terbaik untuk berselancar.
Sebagai pulau terluar, masih banyak yang belum diketahui dari Pulau Enggano. Pulau yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Bengkulu ini masih cukup misterius. Salah satu tandanya adalah dengan ditemukannya beberapa spesies baru di pulau ini oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selain itu, kehidupan sosial di pulau ini juga belum terpantau dengan jelas. Meski begitu, yang bisa diketahui dari masyarakat penghuni pulau Enggano adalah mereka tak mengenal minuman keras, busur atau panah, seni tenun ataupun karya seni lain seperti suku-suku lain di Indonesia.

Mayoritas penduduk di Pulau Enggano adalah Suku Kauno, Suku Kaahoao, Suku Kaharuba, Suku Kaitaro, dan Suku Kaarubi. Masing-masing suku tersebut dipimpin oleh Ketua Suku. Sebagai pulau yang masih alami, pengunjung diharapkan juga memperhatikan kearifan-kearifan lokal yang ada di Pulau Enggano, disamping menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. (photo: brucelevick.com)

1 comment:

  1. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    ReplyDelete