Tuesday, December 17, 2013

// // 1 comment

Peneliti Menemukan Fosil Kuda Berumur 4,4 Juta Tahun

kuda purba, fosil kuda purba ditemukan
Kuda purba berusia 4,4 juta tahun berhasil ditemukan oleh sekelompok peneliti dari CWRU (Case Western Reserve University) School of Medicine di daerah Ethiopia, yaitu di sebuah wilayah yang memang menjadi surganya para pencari fosil. Temuan ini kemudian dimuat dalam jurnal internasional Journal of Vertebrate Paleonthology, dan diketahui kuda purba tersebut bernama Eurygnathohippus Woldegabrieli. Dengan penemuan ini, maka objek penelitian hewan purba akan bertambah.
Kuda purba yang berusia 4,4 juta tahun ini memiliki beberapa perbedaan dengan kudan modern yang ada saat ini, yaitu perbedaan pada bentuk fisik dimana kuda purba ini memiliki kaki yang lebih panjang daripada kaki kuda modern. Selanjutnya diketahui bahwa kaki yang panjang ini mempunyai fungsi untuk melindungi diri dari serangan predator seperti Singa atau kucing besar lainnya. Selain itu kuda purba berusia 4,4 juta tahun ini memiliki postur yang agak berbeda daripada kuda modern saat ini.
kuda purba, fosil kuda purba ditemukan
Fosil yang ditemukan oleh tim peneliti dari School of Medicine tersebut meliputi bagian tulang rahang, beberapa gigi, dan fragmen kaki. Fosil yang ditemukan tersebut ditengarai merupakan milik kuda yang masih remaja, dan mempunyai ukuran tubuh hampir sama dengan ukuran zebra yang masih hidup sampai saat ini. Dengan adanya penemuan ini, kemungkinan penggalian lain akan dilakukan di tempat yang sama mengingat tempat tersebut, yang bernama Aramis dan Gona merupakan surganya fosil.
foto: (blackburnarch.com)

1 comment:

  1. Bagi bagi Bonus Promo Gratis nih Hari Lebaran Idul Fitri, buruan langsung chat kami di bolavita.

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Link Promo BOnus lebaran : www,bolavita,pro/promo-lebaran/

    ReplyDelete