Sunday, December 8, 2013

// // Leave a Comment

Peneliti Asal Jerman Mencuri Data Via Gelombang Suara

mencuri data, pencurian data, mencuri melalui gelombang suara, mencuri data via gelombang suara
Metode terbaru yang ditemukan oleh seorang peneliti asal Jerman ini mungkin akan membuat kita menggeleng-gelengkan kepala, karena tanpa koneksi internet peneliti tersebut mampu mencuri data dari komputer atau laptop hanya dengan menggunakan gelombang suara. Meskipun mengejutkan, tetapi data yang bisa dicuri dengan menggunakan gelombang suara ini terhitung kecil, rata-rata kecepatan transfer data menggunakan gelombang suara ini hanya sekitar 20 bit per detik. Akan tetapi, jumlah itu sudah cukup untuk mencuri sebuah password.
Peneliti asal Jerman ini merupakan ahli komputer yang berasal dari Fraunhofer Institute for Communication yang menemukan cara mencuri data via gelombang suara, tanpa koneksi internet sedikitpun. Metode pencurian data ini bisa dilakukan dalam jarak sekitar 19 meter, dengan menggunakan alat berupa speaker dan mikrofon yang ada di dalam komputer atau laptop.
Dengan menggunakan transmisi yang dapat mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan data yang siap ditransfer. Tetapi seperti dikatakan di atas, metode pencurian menggunakan gelombang suara ini hanya mampu mencuri data-data yang tergolong "kecil", seperti password, pin, atau kode-kode penting. Tetapi tidak menutup kemungkinan kecepatan itu akan semakin bertambah seiring penelitian yang terus dilakukan. Bahkan mungkin pencurian data antar komputer pun bisa dilakukan dengan jarak yang semakin meningkat pula.

0 comments:

Post a Comment